4 Jenis Ikan Ini Ternyata Punya Kandungan Nutrisi Lebih Tinggi Dari Salmon

 Selain lezat, Ikan salmon terkenal dengan kandungan gizi nya yang tinggi. Kandungan gizi yang dikandung ikan salmon sudah dipahami oleh banyak orang.


Ikan salmon merupakan jenis ikan konsumsi yang termasuk ke dalam keluarga ikan Salmonidae, yang berasal dari perairan Samudra Pasifik dan Atlantik.

Ikan salmon memang memiliki gizi yang tinggi, salah satunya asam lemak omega-3. Asam lemak Omega-3 merupakan salah satu asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan jantung, peredaran darah, paru-paru hingga otak.

Namun tahukah anda bahwa tidak hanya ikan salmon, beberapa ikan yang tersedia di Indonesia pun ternyata punya kandungan gizi yang tidak kalah dengan salmon.

Dilansir Pikiran Rakyat Sumedang dari channel YouTube Anak Sehat dan Berkualitas, berikut ini daftar ikan yang memiliki kandungan sama dengan ikan salmon:

Ikan tenggiri

Ikan tenggiri merupakan ikan yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan ini merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung.

Tenggiri banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan lain-lain.

Perlu diketahui, ikan tenggiri ini memiliki kandungan DHA yang sangat besar yakni 283 mg, dan memiliki harga jauh dibawah ikan salmon.

Ikan tongkol

Ikan tongkol punya nama latin Euthynnus affinis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Selain tongkol, ikan ini juga punya julukan lain berupa kawakawa di Fiji dan mackerel tuna di Amerika.

Tongkol dapat Anda jadikan alternatif sumber protein hewani yang murah meriah untuk makanan sehari-hari. Ikan ini mengandung DHA yang Lebih tinggi dari salmon yakni 223 mg.

Kandungan protein dalam 150 gram ikan tongkol mencapai 39 gram yang bisa membantu mencukupi kebutuhan protein harian Anda.

Ikan sardine

Ikan sarden mendapatkan namanya dari lautan di Sardinia, sebuah kota di Italia yang menjadi "rumah" bagi banyaknya kawanan ikan sarden.

Ikan bertubuh kecil ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan kita. Selain lezat, rasanya juga cocok di lidah orang Indonesia.

Ikan sardine mengandung asam lemak omega-3 tinggi, yang sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan Universitas Minnesota, Amerika Serikat membuktikan bahwa asam lemak omega-3 bisa memecah kolesterol jahat (LDL) dan mencegah datangnya penyakit jantung.

Ikan kembung

Kembung adalah nama sekelompok ikan laut yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger, suku Scombridae. Meskipun bertubuh kecil, ikan ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang, dan makerel.

Di Ambon, ikan ini dikenal dengan nama lema atau tatare, di Makassar disebut banyar atau banyara. Dari sini didapat sebutan kembung banjar.

Ikan kembung memiliki kandungan DHA 2x lipat lebih tinggi dari ikan salmon yakni 392 mg.***

Ikhminisa Rahmadiena
sumber : https://sumedang.pikiran-rakyat.com/lifestyle/pr-56919615/4-jenis-ikan-ini-ternyata-punya-kandungan-nutrisi-lebih-tinggi-dari-salmon, akses tgl 23/11/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget