7 Efek yang Dialami Tubuh Saat Berhenti Minum Kopi

 Kopi telah menjadi minuman favorit bagi kaum muda hingga orang tua. Banyak orang yang memulai hari dengan minum kopi untuk menjaga pikiran tetap fokus. Akan tetapi, ada beberapa manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh jika kita bebas dari kafein.


Kopi menjadi minuman untuk menghilangkan rasa kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini membuat para pecinta kopi sulit untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi setiap harinya. Namun jika kita menjalani hidup bebas kafein terdapat banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dikutip dari Health Line, berikut manfaat kesehatan bagi tubuh jika berhenti mengonsumsi kafein.

1. Mengurangi rasa cemas

Kafein memberikan energi yang besar bagi tubuh, namun kafein dapat mempengaruhi kinerja hormon. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kecemasan, kegugupan, jantung berdebar-debar, dan serangan panik.

Bagi orang yang rentan terhadap stres dan kecemasan, kafein dapat membuat gejala lebih buruk. Selain itu, asupan kafein yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan depresi pada remaja.

2. Tidur lebih baik

Kebiasaan minum kafein dapat mempengaruhi kualitas tidur. Sebuh studi menunjukkan bahwa asupan kopi setiap hari dapat mengubah siklus tidur, menyebabkan tidur gelisah dan rasa kantuk di siang hari. Seseorang yang bebas kafein akan membutuhkan waktu lebih sedikit untuk tertidur.

3. Penyerapan nutrisi lebih baik

Jika Anda bukan peminum kafein, tubuh mungkin menyerap beberapa nutrisi lebih baik daripada mereka yang meminumnya. Tanin dalam kafein dapat menghambat beberapa penyerapan seperti kalsium, zat besi dan vitamin B.

Hal ini berlaku bagi mereka yang memiliki asupan kafein sangat tinggi, pola makan yang tidak seimbang, atau usia lanjut. Tidak mengonsumsi kafein sama sekali dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi lebih optimal.

4. Gigi lebih sehat

Efek kopi dan teh dapat menodai gigi. Hal ini karena tingginya kadar tanin yang menyebabkan penumpukan dan perubahan warna enamel gigi. Keasaman dalam minuman berkafein seperti kopi dan teh juga dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi.

5. Menurunkan tekanan darah

Bebas kafein berdampak positif bagi tekanan darah. Kafein telah terbukti meningkatkan tekanan darah karena efek stimulasi pada sistem saraf. Asupan kafein yang tinggi seperti 3 hingga 5 cangkir per hari dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

6. Hormon yang seimbang bagi wanita

Wanita mungkin mendapatkan manfaat utama dari bebas kafein. Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda dapat mengubah kadar estrogen.

Mengubah kadar estrogen dapat meningkatkan risiko endometriosis, kanker payudara, dan kanker ovarium. Meskipun kafein tidak terkait langsung dengan kondisi ini, kadar estrogen yang tinggi dikaitkan dengan penyebabnya. Kafein juga terbukti memperburuk gejala menopause.

7. Pencernaan yang sehat

Asupan kafein dapat menimbulkan sejumlah masalah pencernaan yang tidak menyenangkan. Kopi menciptakan efek pencahar yang merangsang usus. Mengkonsumsi kopi dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan diare atau buang air besar.

Farah Nabila
sumber : https://health.detik.com/diet/d-5252928/7-efek-yang-dialami-tubuh-saat-berhenti-minum-kopi, akses tgl 22/11/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget