Indonesia memang cukup terkenal akan kekayaan kulinernya. Dari Sabang sampai Merauke, semuanya memiliki keunikan masing-masing. Akan tetapi, untuk kamu yang ingin mencoba sesuatu yang beda, kamu dapat berkunjung ke Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mencicipi salah satu kulinernya yaitu belalang goreng. Mereka yang telah mencobanya pun mengaku makanan ini memiliki rasa yang gurih dan bikin ketagihan.


Belalang sendiri umumnya dikenal sebagai serangga liar dan hama tanaman. Namun bagi warga Gunungkidul, belalang dapat dijadikan sebagai penganan alternatif pengganti ayam, daging, atau ikan untuk wilayah yang kesulitan mendapatkan sumber makanan. Selain itu, seorang Profesor asal IPB yaitu Ahmad Sulaiman mengatakan bahwa nutrisi dalam belalang juga tidak kalah penting. Kandungan nutrisi tersebut antara lain protein, vitamin, asam lemak dan mineral.

Nah, berikut ini manfaat makan belalang untuk kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol

Kandungan daging belalang yang memiliki protein tinggi tapi rendah mineral dan kolesterol adalah solusi yang tepat bagi kamu yang memiliki masalah dengan tingkat kolesterol. Seperti yang sudah diketahui bersama, kolesterol dalam darah dapat menumpuk di dinding arteri dan menyebabkan plak penyebab jantung koroner dan serangan jantung.

2. Meremajakan Kulit

Untuk wanita yang sudah berusia lebih dari 30 tahun pasti menginginkan kulit yang tetap terlihat kencang dan awet muda. Solusinya, kamu dapat mengonsumsi belalang goreng karena kandungan protein yang cukup tinggi. Protein tersebut mampu membantu proses regenerasi sel dalam tubuh dua kali lebih ampuh dibandingkan dengan sumber protein lain, sehingga mampu menghambat proses penuaan dini.

3. Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain kaya akan protein, belalang adalah sumber kalsium yang cukup tinggi. Jenis mineral yang terkandung tersebut antara lain kalsium, magnesium, potasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan, dan tembaga. Oleh karena itu, kepadatan tulang dan gigi akan terawat dengan baik, bahkan dapat mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil. Konsumsi yang dilakukan secara jangka panjang juga disinyalir mampu mencegahmu dari osteoporosis.

4. Mengobati Luka

Belalang juga dikenal dapat membantu penyembuhan luka dengan cepat seperti sengatan lebah, bahkan kalajengking. Nutrisi di dalam belalang akan menetralisir racun di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit yang lebih serius. Selain itu, mengonsumsi belalang juga dapat mempercepat proses penyembuhan dan menghilangkan ruam di kulit.

5. Mencerdaskan Otak

Protein juga merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan anak untuk mendukung tumbuh kembangnya. Protein yang tercukupi akan membantu otak anak memproses dan menerima pesan dari saraf dengan cepat, sehingga penyerapan informasi akan menjadi lebih mudah.

6. Baik untuk Bayi dalam Kandungan

Protein adalah nutrisi penting untuk otak janin. Tidak hanya itu, kandungan mineral dan vitamin yang lengkap, serta asam lemak esensial juga penting untuk perkembangannya. Oleh karena itu, selama hamil ibu boleh mengonsumsinya sesuai anjuran dokter.

Meski bermanfaat untuk kesehatan, makan belalang juga tidak boleh sembarangan, ya. Sebab, belalang yang dapat dikonsumsi adalah jenis belalang kayu. Selain itu, kamu juga dapat membeli belalang goreng dari pusat oleh-oleh Gunungkidul yang kebersihannya terjaga dan sudah pasti aman dikonsumsi.

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/ada-khasiatnya-ini-6-manfaat-makan-belalang, akses tgl 07/11/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours