Panci presto atau preassure cooker dan slow cooker adalah dua alat yang praktis untuk digunakan untuk memasak. Kedua alat ini dapat diandalkan untuk memasak bahan makanan yang keras seperti daging. 


Masakan yang dihasilkan dari kedua alat ini akan sama-sama empuk dan lembut. Namun meskipun hasil masakan dari panci presto dan slow cooker sama, tetapi cara kerjanya berbeda. 

Berikut perbedaan panci presto dan slow cooker dilansir dari The Kitchn.

1. Slow cooker 

Slow cooker menggunakan teknik masak slow cook alias suhu panas rendah, panas lembab untuk memasak makanan dalam waktu yang lama, biasanya sekitar 4 - 10 jam, dalam suhu rendah. 

Cara memasak dengan slow cooker yaitu makanan ditempatkan di dalam kompor (yang berada di dalam unit pemanas), ditutup dengan penutup, dan diatur ke pengaturan panas rendah. 

Jenis makanan yang dapat dimasak dengan slow cooker contohnya seperti sup, semur, sayuran, daging, roti, ikan sampai hidangan penutup.

Seiring perkembangan teknologi, kini ada alat slow cooker. Bentuk alat ini sekilas mirip rice cooker. Adanya alat slow cooker membuat pengguna jadi hemat gas, karena alat slow cooker menggunakan listrik.  

Alat slow cooker yang canggih juga terbilang sangat praktis. Ada pengaturan suhu temperatur dan lama memasak. 

2. Panci presto atau pressure cooker

Panci presto adalah alat yang menggunakan panas dan tekanan uap untuk memasak makanan lebih cepat.

Ada dua jenis panci presto di pasaran, yakni panci presto dengan panas dari api kompor dan panci presto listrik.

Cara memasak di panci presto yaitu cairan dan makanan dimasukan ke dalam panci dan ditutup rapat. Ketika cairan memanas (akhirnya mendidih), akan membentuk uap dan tekanan di dalam panci.

Tekanan uap tersebut menaikkan titik didih cairan memasak hingga setinggi 250 ° F (130 derajat celcius), menyebabkan makanan masak lebih cepat. 

Meningkatnya tekanan dalam panci juga memaksa cairan masuk ke dalam makanan,  membuat makanan yang keras menjadi lunak lebih cepat. 

Lebih bagus panci presto atau slow cooker?

Jawabannya tergantung kebutuhan. Perbedaan paling signifikan dari panci presto dan slow cooker adalah kecepatan memasak makanan. 

Dikutip dari Compact Appliance, proses masak singkat dari panci presto membuat kandungan dalam makanan seperti mineral dan vitamin terperangkap dengan baik.

Panci presto juga cocok bagi kamu yang suka membuat makanan awet seperti selai, saus tomat rumahan, atau biji-bijian yang dikalengkan.    

Sementara keunggulan slow cooker adalah makanan yang dimasak dengan cairan kental (stew) dan kuah (sop). Tak hanya itu, slow cooker juga cocok membuat kue dan roti. 

Slow cooker menjaga kelembapan makanan sehingga tekstur kue akan lembut dan kenyal. 


Penulis : Nine Fridayani
Editor : Silvita Agmasari
sumber : https://www.kompas.com/food/read/2020/07/29/090303575/apa-bedanya-panci-presto-dan-slow-cooker-alat-masak-yang-bikin-daging-empuk, akses tgl 18/11/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours