Nama vitamin U jarang terdengar dibandingkan dengan beberapa vitamin lainnya seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K. Namun, vitamin U memiliki sejumlah manfaat dan kegunaan yang baik untuk kesehatan tubuh.


Istilah vitamin U pertama kali digunakan pada awal 1950-an untuk menyebut senyawa yang terdapat di dalam jus kubis. Setelah penelitian lebih lanjut, senyawa itu ternyata bukanlah vitamin, melainkan turunan dari asam amino metionin. Akan tetapi, nama vitamin U sudah terlanjur melekat. Contoh turunan metionin yang sering disebut vitamin U antara lain S-methylmethionine, methylmethionine sulfonium, dan 3-amino-3-carboxypropyl dimethylsulfonium.

Vitamin U banyak terdapat secara alami di dalam berbagai makanan terutama sayuran silang seperti kubis, brokoli, kubis Brussel, dan kangkung. Vitamin U juga banyak dikemas menjadi suplemen dan bahkan ditambahkan dalam produk skincare seperti krim, serum, dan masker.

Berikut manfaat dan kegunaan vitamin U, melansir Healthline.

1. Meredakan maag

Beberapa penelitian menunjukkan, konsumsi vitamin U dapat membantu meredakan penyakit maag dengan menyembuhkan tukak usus.

Penelitian menunjukkan, konsumsi 1 liter jus kubis dapat menyembuhkan tukak usus lebih cepat.

2. Melindungi organ tubuh

Vitamin U dapat melindungi organ tubuh seperti paru-paru, hati, dan ginjal dari kerusakan. Sebuah studi mendapati, vitamin U membantu mengembalikan kondisi hati yang rusak karena asam valproat.

Penelitian pada tikus juga menunjukkan vitamin U memperbaiki ginjal dan paru-paru yang rusak.

3. Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Sejumlah bukti menunjukkan suplemen vitamin U membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida. Penelitian pada tabung reaksi menunjukkan bahwa vitamin U dapat mencegah pembentukan sel lemak dan mengurangi kadar trigliserida.

Dalam studi selama 8 minggu, orang yang diberi 1,5 gram vitamin U per hari mengalami penurunan kolesterol total hampir 10 persen.

4. Membantu penyembuhan luka dan perlindungan kulit

Vitamin U dapat memberikan perlindungan pada kulit terhadap sinar ultraviolet matahari (UV), serta mempercepat penyembuhan luka.

Penelitian pada tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa mengoleskan vitamin U langsung ke luka dapat mempercepat penutupan luka.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk membuktikan manfaat dan kegunaan dari vitamin U.(ptj/asr)

CNN Indonesia 
sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201105133537-255-566276/mengenal-vitamin-u-manfaat-dan-kegunaan, akses tgl 07/11/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours