Haid atau datang bulan bisa menjadi momen yang sangat menantang bagi seorang wanita. Rasa sakit yang muncul kadang mengganggu aktivitas keseharian, produktivitas, dan waktu istirahat.


"Tepat sebelum datang bulan, sel-sel dalam tubuh membentuk lapisan di rahim yang mulai membuat prostaglandin. Selama datang bulan, prostaglandin dilepaskan bersama sel-sel yang membentuk lapisan tersebut. Prostaglandin berperan dalam kontraksi pembuluh darah di rahim dan merangsang otot uterine. Makin banyak prostaglandin yang diproduksi, biasanya menstruasi semakin sakit," kata ahli nutrisi di Mountainside Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN, dikutip dari Bustle.

Beberapa wanita biasanya mengkonsumsi obat pereda rasa sakit saat menstruasi sehingga bisa terus beraktivitas. Selain obat, ada beberapa minuman yang dapat membantu meredakan rasa nyeri saat haid. Minuman ini bisa menjadi alternatif sambil mempertimbangkan ke dokter, bila rasa sakit terasa sangat mengganggu.

Berikut minuman yang baik dikonsumsi saat haid:

1. Air putih

Tidak berlebihan jika air putih dianggap solusi terkait minuman yang baik dikonsumsi saat haid. Konsumsi air putih memungkinkan tubuh memiliki cukup cairan, sehat, dan bisa menjaga kondisi wanita saat sedang merasa nyeri karena datang bulan.

2. Teh peppermint

Menurut Faraj, teh peppermint sebetulnya sudah lama digunakan untuk membantu mengatasi rasa nyeri saat haid. Aroma teh membantu otot lebih rileks dan membantu mengatasi ketegangan yang mengakibatkan nyeri. Rasa teh yang enak juga tepat dinikmati saat tubuh terasa kurang nyaman saat datang bulan.

3. Teh hijau

Selain peppermint, teh hijau juga tepat dinikmati untuk mengatasi rasa sakit saat datang bulan. Aroma teh membantu tubuh lebih rileks dan kandungan antioksidan mencegah radikal bebas mengganggu kesehatan tubuh. Konsumsi teh hijau memungkinkan tubuh tetap berfungsi dengan baik ketika datang bulan.

4. Jahe dan kunyit

Faraj merekomendasikan minuman anti inflammatory (anti radang) dengan mencampur herba dalam jus berbahan sayuran hijau. Menurut Faraj, bahan minuman bisa menggunakan berbagai bahan yang dicampur jahe dan kunyit. Jahe mengandung senyawa anti radang kuat yang membantu mengatasi rasa sakit dan nyeri otot. Kunyit yang dicampur lemon menurunkan respon radang dan mengatasi nyeri saat datang bulan. Jahe, lemon, dan kunyit juga membantu mengatasi masalah pencernaan.

5. Jus nanas

Kandungan enzim bromelain pada nanas membantu mengatasi tekanan pada otot yang terjadi saat datang bulan. Otot-otot uterine yang terasa tegang menjadi lebih rileks sehingga rasa nyeri saat haid bisa teratasi.

6. Smoothies

Smoothies sangat baik dikonsumsi saat haid karena bisa membantu mengatasi nyeri datang bulan dengan sekali minum. Faraj mengatakan, parsley yang mengandung senyawa carnosol untuk mengurangi nyeri bisa diminum bersama jahe. Smoothies bisa ditambah apel dan pisang yang membantu mengatasi sindrom PMS serta nyeri datang bulan. Bahan smoothies akan lebih baik jika ditambah susu kedelai atau yoghurt untuk asupan kalsium.

7. Sup kaldu tulang

Jika ingin mengkonsumsi yang lain, menyeruput kuah kaldu tulang dapat menjadi alternatif pereda rasa nyeri saat haid. Kaldu tulang adalah sumber asam amino yang baik sebagai anti radang. Minum kuah kaldu dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ketika menstruasi dan menjaga kesehatan tubuh.

Rosmha Widiyani - detikFood
sumber : https://food.detik.com/info-sehat/d-5161818/minuman-yang-baik-saat-haid-bisa-membantu-mengatasi-rasa-sakit, akses tgl 10/11/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours