Frozen yoghurt atau istilah kerennya froyo menjadi salah satu jajanan yg banyak dicari orang. Mulai dari orang dewasa, remaja dan anak-anak ikut keranjingan mengkonsumsi produk yang diklaim rendah lemak dan banyak mengandung bakteri positif bagi pencernaan. Tengok saja aneka gerai froyo yang kini bersliweran di mall di kota besar seperti Sour Sally, Heavenly Blush, Orangeberry, J.Cool, Red Mango, Icy Blue dll.


Froyo adalah yoghurt yang telah mengalami proses pendinginan, sehingga secara fisik tampak seperti es krim. Sebelum didinginkan yoghurt biasanya dihaluskan lagi dengan blender atau mesin pembuat es krim. Citarasa dan karakter asam  yoghurt masih tetap terasa dalam froyo ini. Jadi froyo memiliki rasa sama dengan yoghurt tetapi memiliki tekstur es krim nan lembut & low fat tentunya.

Di Indonesia gerai froyo mulai marak sejak tahun 2008 dimulai dengan kemunculan Sour Sally yang kemudian diikuti dengan gerai lokal&luar lainnya.

Trend jajan, makanan sehat dan kebiasaan nongkrong menjadi salah satu faktor pemicu froyo menjadi salah satu jajanan yang diburu orang.

Froyo yang dijual di gerai-gerai froyo di mall berbeda dengan froyo biasa. Disini kita bisa memilih dan menambahkan aneka topping di dalam satu cup froyo.

Banyak opini yang muncul mengenai kandungan gizi froyo ini. Ada yang bilang bahwa kandungannya berbeda dengan yoghurt segar yang biasa dikonsumsi langsung.

Menurut pakar gizi IPB Prof. Dr. Ali Khomsan pembekuan adalah untuk membuat yoghurt lebih awet tanpa merusak citra rasa. Namun tentu di dalam proses pendinginan ada nutrisi yg hilang, biasanya yang relatif mudah hilang vit. B atau vit. C namun dua jenis vitamin tersebut bukan vitamin andalan dalam yoghurt.

Bahan yang menjadi titik kritis aspek kehalan meliputi starter kultur fermentasi, gelatin hingga flavor. Starter tersebut merupakan bakteri yang ditumbuhkan, media pertumbuhan tersebut yang perlu kita kritisi. Sebab kemungkinan berasal dari unsur haram tetap ada.

Gelatin berguna sebagai pelembut dan penstabil froyo. Bahan gelatin ini bisa berasal dari kulit dan tulang sapi, babi atau ikan. Demikian halnya dengan flavor, sumber bahan hewani adalah yang mesti diwaspadai, apakah berasal dari hewan halal atau haram.

Selain bahan baku yoghurt-nya, topping froyo juga mesti diperhatikan kehalalannya. Untuk topping buah-buahan segar mungkin tidak menjadi masalah. Namun jika topping tersebut adalah coklat, cocoa pebbles, granola cereal, mochi dan biscuit oreo mesti dilihat dulu apakah produk tersebut sudah ada sertifikat halal atau tidak.

Titik kritis kehalalan mochi ada pada:

  1. Gelatin sbg pengenyal yang bisa terbuat dari limbah babi potong (tulang/kulitnya)
  2. Bahan tepung E920L-Cystein, L-Cystein Hydrochlorid dari hewan dan rambut manusia
  3. Bahan pewarna: E120 Karmin Pure, Cochenille, Karmin Acid bahan pewarna natur berwarna merah untuk minuman berasal dari alkohol. E140 Chlorophyl untuk industri dihasilkan dari asam lemak&phospat yang tidak diketahui asalnya.

Titik kritis kehalalan biscuit oreo ada pada :

  1. Gelatin
  2. Pada tahun 2008 ada impor biscuit oreo dari China yang mengandung melamin yaitu senyawa pestisida yang acap digunakan untuk campuran plastik.

TOPPING >>> Biscuit, coklat dll

  • Shortening biscuit
  • bahan baku 100% lemak yang banyak digunakan adalah lemak babi.

Gula

Gula pasir titik kritisnya ada pada proses pemucatan/pemutihan warna gula dengan arang aktif yang seringkali didapat dari tulang babi/sapi yang tidak disembelih dengan cara islami.

LESITIN/EMULSIFIER

Cara untuk membuat lesitin yang diragukan kehalalannya diantaranya menggunakan enzim fosfolipase A yang berasal dari pankreas Babi dan proses ekstraksi yang menggunakan alkohol.

STARTER YOGURT

Jadi starter yogurt bisa dibeli instan di toko kimia atau dibiakkan sendiri.

Karena cari yang bakterinya masih hidup berarti kalau bikin sendiri, ya, cari plain yogurt yang sudah ada label halalnya, kan jadi terjamin kehalalannya, nah kalau dari starter yang instan perlu diperhatikan kultur pembiakkannya.

FLAVOR / PERISA

http://www.muslimconsumergroup.com/halal_selection_criteria.html

Jadi flavor itu ada yang alami dan buatan. Nah, titik kritisnya ada pada alkohol sebagai pelarut dan turunan hewan sebagai campurannya. Nah, masalahnya,berdasarkan aturan FDA,perusahaan makanan tidak harus mencantumkan alkohol dalam komposisi flavor. Hal ini yg bikin banyak yang “tertipu” dengan flavor. Padahal ada alternatif bahan pelarut lain yang halal sebagai pelarut flavor.

GELATIN

Sumber bahan baku gelatin dapat berasal dari sapi (tulang dan kulit jangat), babi (hanya kulit) dan ikan (kulit).

Dari artikel tersebut maka dapat disimpulkan, titik kritis keharaman gelatin adalah pada bahannya (kulit babi). Produsen gelatin lebih memilih bahan kulit babi karena kualitas bagus dan prosesnya singkat, sehingga menekan biaya produksi. Akan tetapi karena keharamannya maka harus dicari bahan yang dapat menghasilkan kualitas bagus dan pastinya halal dan thoyyib yaitu ikan.

Dipaparkan Oleh : Tim Pejuang HC Area Jogja – Jateng

Referensi:

  • www.halalmui.org/index.php?option=com_content&view=article&id=163:froyo&lang=in
  • http://www.muslimconsumergroup.com/question_answer.php?cat=1&panna=23
  • www.majalahsekar.com/component/content/article/2-headline/196-investigasi-makanan-impor-tanpa-label-kesehatan
  • http://www.halalguide.info/2010/02/02/gelatin-halal-gelatin-haram/
  • http://www.halalguide.info/2010/02/02/gelatin-halal-gelatin-haram/
  • www.facebook.com/notes/renungan-islami/awas-makanan-haram-bermacam-produk-dari-babi/375148312002


FAQ

[tabs slidertype=”left tabs”] [tabcontainer][tabtext]FAQ 1[/tabtext][tabtext]FAQ 2[/tabtext][tabtext]FAQ 3[/tabtext] [/tabcontainer][tabcontent][tab]Q : Kalo froyo itu pake pewarna jg nggak?

A : Saat ini tampilan froyo sudah sangat mirip ice cream yg warna warni. fungsinya spy lebih menarik pembeli…

Jadi kami simpulkan itu menggunakan pewarna tertentu..[/tab][tab]Q : Jadi lebih baik mengonsumsi yoghurt saja ya yg sudah bersertifikat halal


A : Yogurt merek cimory, dutch dan activia sudah berlabel halal MUI

Untuk yoghurt activia sdh berSH MUI: Activia yoghurt mangga, Activia yogurt dengan potongan buah berry, Activia yogurt rasa teh hijau dengan potongan buah kiwi dan apel, Activia

yogurt rasa leci dengan potongan aloe vera. yaitu utk Activia yogurt rasa strawberry,

No. SH MUI :00040046680108,

masa berlaku s.d. 4-10-2013,

Prod. Danone Indonesia,

PT. Referensi : http://bit.ly/TL33Kk[/tab][tab]Q : Untuk cimori atau mochi sdh ada SH nya blm ya?


A : Ada jg mochi yg sdh berSH yaitu Mochi Arjuna Sukabumi..

Mochi Lampion dr Sukabumi..[/tab][/tabcontent][/tabs]


sumber : https://halalcorner.id/studi-kasus-froyo-aka-frozen-yoghurt/, akses tgl 13/11/2020.


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours