Kecantikan memang bisa mendatangkan keistimewaan dalam kehidupan seseorang, misalnya saja lebih mudah mendapat pasangan, pekerjaan, bahkan harga diri meningkat. Tak heran jika banyak orang terobsesi untuk menjadi cantik dan selalu muda. 


Para ilmuwan terus berusaha menciptakan berbagai zat aktif yang mampu memenuhi keinginan banyak orang untuk tampak selalu muda.  Sejak tahun 50-an dunia kedokteran sudah mengenal vitamin U. Vitamin U adalah nama lain asam amino esensial bernama metal methionin

“Metil metionin adalah asam amino yang mengandung sulfur. Asam amino esensial artinya zat ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Harus diasup dari makanan,” kata Dr. Astrid Indriyani, seorang dokter kosmetologi dari Jakarta. Makanan yang mengandung asam amino di antaranya kol dan brokoli. 

Vitamin U sejak lama digunakan mengobali luka atau ulkus pada lambung. “Mukosa di permukaan lambung sifatnya asam dan butuh perlindungan. Bahan yang bagus untuk melindungi kulit ada pada vitamin U. Vitamin U bekerja mengobati luka dengan mempercepat regenerasi di mukosa lambung,” terang dokter yang pernah menimba ilmu kosmetologi di Ristra Institute itu. 

Karena sifat asam amino esensial yang harus diasup dari makanan, ketiadaan zat ini berarti hilangnya efek perlindungan dan regenerasinya. Sementara asupan yang cukup membuat efek perlindungan jadi makin kuat. 

Ilmuwan Korea meneliti efek vitamin U untuk regenerasi kulit. “Kulit punya struktur yang sama dengan permukaan lambung sehingga vitamin U punya efek regenerasi yang sama baik di kulit. Efek penuaan karena usia dan sinar matahari dapat direduksi dengan baik berkat kandungan vitamin U,” kata dokter yang melakukan studi banding di sebuah klinik kecantikan kulit dan bedah plastik di Seoul, Korea Selatan itu. 

Vitamin U tersebut bukan hanya meregeneraasi kulit tapi juga meningkatkan kualitas penunjang kulit muda dan cantik. “Elastin dan kolagen yang menentukan kemudaan kulit diperbaiki oleh vitamin U. Penuaan pun bisa dicegah,” katanya.


Penulis : Kontributor Health, Dhorothea
sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2014/05/05/1017179/Vitamin.U.Antipenuaan.Andal.dari.Korea, akses tgl 07/11/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours