ISLAM sesungguhnya adalah agama yang sempurna. Agama ini bukan hanya mengatur soal hubungan seorang hamba dengan Tuhan-nya tapi berbagai permasalahan dan urusan kehidupan. Islam bahkan mengatur soal adab cara makan dan minum.


Di antara permasalahan dunia yang diatur dalam agama Islam adalah mengenai pemakaian wadah dan bejana tempat menampung makanan dan minuman. Sebuah wadah makan dipastikan haram jika terbuat dari bahan emas atau perak.

Dilansir dari Islamqa, Jumat (10/3/2017) aturan yang melarang seorang muslim menyantap makanan dari wadah emas dan perak jelas tertulis dalam hadist. “Janganlah kalian minum dari wadah emas dan perak, dan janganlah kalian makan dari piringnya, karena benda itu untuk mereka (orang kafir) di dunia dan untuk kalian (orang beriman) di akhirat,” Muttafaq alaih dari hadist Huzaifah r.a.

Hadist ini jelas melarang untuk menggunakan bejana emas dan perak untuk makan dan minum, meskipun makanan dan minuman yang disajikan adalah halal. Karena ditempatkan dalam wadah emas dan perak, maka makanan ini akan menjadi haram jika dimakan.

Dalil serupa juga ditegaskan dalam riwayat shahih dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Orang yang minum dari wadah emas dan perak, sesungguhnya dia sedang menyalakan api jahannam di perutnya,” hadist riwayat Bukhari dan Muslim.

Status haram saat seorang muslim menggunakan wadah dari emas atau perak untuk makan karena penggunakan bejana ini akan menimbulkan rasa sombong,angkuh dan takabur dalam jiwa orang yang menyantap makanan. Jadi Anda yang muslim, jangan bangga ya kalau disuguhkan makanan dan minuman dari emas karena ini sama saja Anda menyantap makanan haram. Na’udzubillahi mindzalik (ndr)

Devi Setya Lestari, Jurnalis
sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2017/03/10/298/1639639/wadah-makan-minum-dari-bahan-ini-yang-sudah-pasti-haram-untuk-muslim, akses tgl 18/11/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours