5 Sayuran Termahal di Dunia, Apa Saja?

 Sayuran merupakan bahan makanan yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang karena kandungan gizi dan manfaatnya bagi tubuh. 


Dengan bermacam manfaat yang dimiliki, sayuran umumnya memiliki harga yang sangat terjangkau. Namun, ada pula jenis sayuran tertentu yang dibanderol dengan harga sangat mahal karena berbagai alasan.

Berikut adalah deretan sayuran yang masuk dalam kategori termahal di dunia: 

1. Selada merah muda 


Selada merah muda (pink lettuce atau pink radicchio) sangat terkenal karena memiliki warna unik yang membuatnya terlihat menarik. Setelah populer di media sosial, sayuran ini biasanya dimanfaatkan untuk tujuan penyajian atau plating.

Dikenal karena keunikannya itu, selada merah muda ini memiliki rasa yang sedikit lebih pahit. 

Di pasar sayur-sayuran, pink lettuce dengan berat 500 gram dijual dengan harga 10 dollar AS atau sekitar Rp 140.000. 

Sementara, selada hijau biasa umumnya dijual dengan harga di bawah 1 dollar AS atau sekitar Rp 14.000.

2. Bayam Yamashita


Bayam biasanya memiliki harga yang relatif terjangkau. Namun, seorang petani sayuran kelahiran Tokyo di Perancis Asafumi Yamashita membuat terobosan baru. Sayur-sayuran yang ditanam oleh Yamashita dianggap sebagai barang yang dikurasi secara khusus. 

Mereka hanya menjualnya kepada 7 klien, yang mana semuanya adalah koki berbintang Michelin. 

Yamashita membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menumbuhkan dan merawat sayur-sayurannya. Inilah alasan mengapa ia dapat membanderol harga sebesar 13 dollar AS atau sekitar Rp 184.000 untuk 1 pon bayam (sekitar 5 ons).

3. Akar wasabi


Wasabi sering dihidangkan bersama sushi untuk memberikan cita rasa pedas. Namun, wasabi yang banyak disediakan oleh restoran sushi pada umumnya merupakan wasabi tiruan yang terbuat dari lobak dan pewarna hijau makanan. 

Akar wasabi atau wasabi root juga masuk dalam daftar sayuran termahal di dunia, yaitu 73 dollar AS, atau sekitar Rp 1 juta.  

Dengan menggunakan satu wasabi root, Anda dapat membuat banyak wasabi. Namun, ladang wasabi tidaklah banyak.  

Mahalnya harga wasabi sendiri disebabkan oleh keberadaannya yang hanya dapat tumbuh di daerah pegunungan di Jepang. 

4. Kentang La Bonnote 


Kentang La Bonnote atau La Bonnote Potatoes merupakan jenis kentang langka dengan harga yang sangat mahal, yaitu 320 dollar AS atau sekitar Rp 4,5 juta per pon atau sekitar 5 ons. Pasalnya, kentang jenis ini hanya ditanam di sebuah pulau lepas pantai di wilayah Perancis bagian barat, Noirmoutier. 

Hanya ada 100 ton kentang jenis ini yang diproduksi tiap tahunnya. Setiap kentang pun dipilih dengan tangan, sehingga pemanenan pun membutuhkan upaya yang lebih. Begitu juga dengan pemupukannya.  

Sayuran dengan tekstur lembut dan rasa yang lezat ini hanya disajikan di restoran-restoran eksklusif di Perancis. 

5. Hop shoots 


Hop shoots
juga masuk dalam daftar sayuran termahal di dunia, yaitu dengan harga 426 dollar AS atau sekitar Rp 6 juta per pon (sekitar 5 ons). Sayuran ini telah dikenal secara global atas manfaatnya untuk tujuan fermentasi. 

Mahalnya harga sayuran ini tidak terlepas dari proses panennya yang sangat rumit.

Hop shoot harus dipetik langsung dengan tangan. Selain itu, tanaman ini tumbuh secara tidak teratur sehingga sulit ditemukan keberadaannya.  

Hop shoots juga sangatlah kecil sehingga diperlukan ratusan sayuran jenis ini untuk memenuhi satu kantung. 


Penulis : Vina Fadhrotul Mukaromah
Editor : Sari Hardiyanto
sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/22/193200065/5-sayuran-termahal-di-dunia-apa-saja-?page=all, akses tgl 03/12/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget