8 Makanan yang Bikin Jumlah Sperma Jadi Melimpah

 Memiliki anak setelah pernikahan merupakan keinginan terbesar setiap pasangan. Pola makan yang baik seperti memasukan sayur-sayuran dan daging dalam menu makanan sehari-hari akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh.


Mengonsumsi makanan sehat tentu dapat meningkatkan jumlah sperma secara alami. Daftar makanan berikut dapat menjadi pilihan agar memiliki kehidupan seksual yang baik dan jika ingin cepat memiliki bayi.

Dikutip dari FirstCry Parenting, ini sederet makanan untuk meningkatkan jumlah sperma yang berkualitas.

1. Telur

Bukan rahasia lagi jika telur memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah sperma. Telur kaya akan vitamin E, zinc, dan protein yang dapat membantu pergerakan sperma. Mengonsumsi telur dapat melindungi sperma dari radikal bebas sehingga memperbesar peluang untuk terjadinya pembuahan. Telur dapat dimakan dengan berbagai macam olahan yang sesuai dengan selera.

2. Pisang

Pisang mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin C serta magnesium, yang dapat meningkatkan pergerakan dan membantu produksi sperma. Enzim langka bernama bromelain yang ada di dalam pisang membantu meningkatkan jumlah dan memperbaiki kemampuan sperma untuk bergerak dan berenang atau biasa disebut motilitas. Enzim itu juga mengatur hormon seksual dan membantu meningkatkan suasana hati.

3. Bawang putih

Dikenal baik dalam menurunkan risiko kanker, bawang putih juga dapat meningkatkan produksi sperma. Bawang putih mengandung allicin yang diperlukan untuk merangsang sirkulasi darah ke bagian yang tepat. Darah akan mengalir secara bebas menuju organ seksual dan melindunginya dari kerusakan. Selenium juga ditemukan dalam bawang putih, enzim ini membantu meningkatkan motilitas sperma.

4. Bayam

Konsumsi sayuran yang berdaun dapat membantu mengatur banyak aktivitas dalam tubuh. Sayuran hijau dapat membantu produksi sperma. Bayam kaya akan asam folat yang penting untuk perkembangan sperma.

5. Tiram

Tiram adalah sumber zinc yang bagus untuk tingkatkan pergerakan sperma. Memakan tiram akan merangsang sistem reproduksi melalui glikogen dan taurin.

6. Ginseng

Tumbuhan yang berasal dari Asia Timur ini sudah digunakan sebagai bumbu masakan maupun ramuan obat-obatan sejak lama. Tidak hanya meningkatkan testosteron, ginseng juga digunakan sebagai pengobatan disfungsi ereksi. Ginseng dapat dimakan secara langsung maupun diolah lagi dalam bentuk teh.

7. Segala jenis makanan dengan kandungan zinc

Makanan apapun dengan kandungan zinc di dalamnya dapat mencegah kerusakan sperma yang disebabkan radikal bebas. Zinc juga dapat merangsang libido. Semua jenis ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu memiliki kandungan zinc yang baik untuk sperma.

8. Minyak zaitun

Konsumsi minyak zaitun secara teratur membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Minyak zaitun juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, meningkatkan aliran oksigen ke testis, dan membantu pembentukan sperma yang sehat.

Selain mengonsumsi makanan sehat, perubahan gaya hidup juga diperlukan untuk meningkatkan kesehatan sperma. Beberapa pola hidup sehat yang dapat dilakukan di antaraya adalah dengan berhenti merokok, menghindari duduk terlalu lama, dan tidak terlalu lama mandi di dalam bak berisi air panas. Meningkatkan asupan lemak seperti omega-3 dan omega-6 juga membantu perkembangan sperma yang lebih sehat.

Zintan Prihatini - detikHealth
sumber : https://health.detik.com/sexual-health/d-5248303/8-makanan-yang-bikin-jumlah-sperma-jadi-melimpah, akses tgl 12/11/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget