Apa Itu Peach Gum? Getah Pohon Persik yang Lagi Naik Daun

 Peach gum atau tao jiao adalah bahan makanan biasa dibuat dessert yang terlihat wara-wiri di akun media sosial sejak sekitar akhir 2019. Namun, belakangan ini tren peach gum kembali tinggi di Indonesia


Bukan karena nikmat saja, kudapan dari Negeri Tirai Bambu itu juga memiliki segudang kelebihan dan manfaat bagi tubuh. 

Dilansir dari Michelin Guide, peach gum berasal dari getah pohoh persik liar di China. Bentuknya padat ketika dipanen dan memancarkan cahaya kuning jika terkena sinar matahari. Peach gum juga berbentuk seperti kristal.

Peach gum kaya akan nutrisi dan mengandung kolagen dalam jumlah besar. Sehingga dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit. Menutut pakar medis di China dan dalam pengobatan China tradisional, peach gum mampu mengatasi infeksi saluran kemih, menghilangkan dahaga, dan meredakan stres. 

Tidak hanya sering digunakan sebagai obat tradisional, peach gum juga merupakan makanan alami dan sehat yang kaya akan asam amino. Hal ini memungkinkan kolagen akan dengan cepat diserap ke dalam tubuh. 

Muncul kreasi resep peach gum 

Banyaknya manfaat dalam peach gum membuat sajian ini digemari banyak orang. Tak sedikit pula hasil kreasi resep peach gum, baik untuk makanan utama maupun penutup. Contohnya di Provinsi Zhejiang, China peach gum ini dicampurkan dengan hidangan setempat yaitu sup perut babi. 

Peach gum pun nikmat dijadikan makanan penutup atau dessert, cita rasanya manis alami. Tekstur peach gum pun lembut dan halus setelah dimasak. Salah satu sajian manis yang sering dimasak adalah sup manis. Terlepas dari banyak manfaatnya, sajian ini bisa membuat rongga mulutmu merasakan rasa manis yang alami dan tidak begitu menohok. 

Cara membersihkan peach gum cukup sederhana. Getah persik pertama direndam dan direbus dua kali. 

Setelah itu, tambahkan bahan sampingan seperti susu atau puding sagu. Selain itu, bisa juga campurkan getah persik ke dalam resep klasik seperti sayur pepaya rebus atau sup manis jamur kuping. 

Peach gum yang memiliki segudang manfaat ini juga mudah diolah dan ditambahkan dengan bahan makanan yang sehat lainnya.


Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Yuharrani Aisyah
sumber : https://www.kompas.com/food/read/2020/07/13/200800375/apa-itu-peach-gum-getah-pohon-persik-yang-lagi-naik-daun, akses tgl 22/12/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget