Bukan Karena Mahal, Alat Makan Emas Memang Membuat Rasa Makanan Lebih Enak

 Ilmuwan menemukan bahwa sendok garpu berkualitas justru terbuat dari bahan-bahan yang salah. Pisau, garpu dan sendok perak membuat beberapa jenis makanan jadi tak bercitarasa lezat.


Setelah dilakukan serangkaian tes, bahan stainless steel yang banyak dipakai untuk makan sehari-hari, justru lebih baik dibanding perak. Namun untuk pengalaman kuliner terbaik, ilmuwan menemukan bahwa sendok garpu harus terbuat dari emas.

Dr Zoe Laughlin dari Institute of Making University College London, menguji sendok yang terbuat dari tujuh bahan. Diantaranya adalah emas, perak, stainless steel, seng, tembaga, timah dan krom.

Sebanyak 50 partisipan diminta menghisap setiap sendok dan menilai rasanya. Tes kemudian diulang dengan bahan makanan berbeda, untuk melihat bagaimana logam dikombinasikan dengan rasa manis, asin, dan asam.

Menurut Dr Laughin, rasa emas yang paling enak. Bahan ini tidak begitu berpengaruh pada makanan. Baik dicoba begitu saja atau dengan makanan, emas menunjukkan performa terbaik.

"Tidak ada rasa logam sama sekali. Seperti inilah harusnya makanan, Anda hanya merasakan citarasa makanan. Perak tidak begitu enak, sangat tidak menyenangkan, sangat logam. Ini juga bereaksi buruk dengan asam dalam buah dan sulfur dalam telur," ucap Dr Laughin seperti dilansir dari berbagai sumber.

Ia juga menambahkan bahwa stainless steel cukup baik. Diantara bahan yang dicoba, stainless steel menempati posisi kedua untuk alat malam.

"Tetapi Anda belum hidup sampai mencoba makan dengan emas," tambahnya.

Tim peneliti menemukan pula bahwa sendok tembaga dan seng bekerja dengan baik saat dipasangkan bersama makanan penutup manis. Partisipan menyebutkan bahwa logam terasa sangat pahit, akan tetapi ketika dipadukan dengan rasa manis dalam mulut, dapat menonjolkan rasa manis makanan.

Penelitian ini diungkapkan selama peluncuran pameran baru terkait selera makan manusia di Science Museum London pada Selasa (10/02). Studi tersebut menambah teori yang berkembang bahwa bukan hanya rasa makanan yang mempengaruhi cara mengalami sensasi rasa.


(msa/odi)
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-2830822/bukan-karena-mahal-alat-makan-emas-memang-membuat-rasa-makanan-lebih-enak, akses tgl 07/12/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget