Bukti Manusia Purba Neanderthal Pemakan Tumbuhan

 Sampel yang ditemukan pada batuan di situs Spanyol menunjukkan pola makan spesies manusia purba yang pernah tinggal 50 ribu tahun lalu. Peneliti meyakini bahwa manusia purba Neanderthal adalah pemakan tumbuhan.


Dilansir Irishtimes, Kamis (26/6/2014), situs arkeologi El Salt dikenal sebagai situs yang pernah didiami oleh Neanderthal di wilayah Spanyol bagian selatan. Fosil kotoran manusia yang ditemukan di situs tersebut meyakinkan peneliti bahwa Neanderthal adalah pemakan tumbuhan.

Situs arkeologi El Salt di Spanyol (Foto: Irishtimes)

Tidak hanya pemakan tumbuhan, manusia purba yang hidup puluhan ribu tahun lalu ini juga memakan daging. Ketimbang karnivora atau hanya memakan daging saja seperti dugaan sebelumnya, Neanderthal merupakan omnivora.

Peneliti menemukan lima sampel kotoran manusia di situs Negeri Matador tersebut. "Sejauh ini, ini merupakan satu-satunya bukti fosil yang memberi kami informasi mengenai makanan nenek moyang kita," kata Ainara Sistiaga, Geoarchaeologist di Massachusetts Institute of Technology and University of La Laguna.

Ia mengatakan, memahami diet spesies manusia di masa lalu terkait erat dengan manusia modern saat ini. "Akan membantu kita mendapatkan perspektif tentang kendala evolusi kita dan kemampuan beradaptasi," tutur Sistiaga.(ahl)

Ahmad Luthfi, Jurnalis
sumber : https://techno.okezone.com/read/2014/06/26/56/1004612/bukti-manusia-purba-neanderthal-pemakan-tumbuhan, akses tgl 30/11/2020

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget