Banyak orang yang memilih gaya hidup sehat pada masa ini. Termasuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Misalnya telur ayam, semakin banyak orang yang memilih telur ayam omega 3 atau disebut telur omega daripada telur ayam biasa. 


Seperti namanya, telur ayam omega 3 memiliki kandungan omega 3 lebih banyak dari telur ayam biasa sehingga memiliki manfaat lebih untuk tubuh. Oleh karena itu tak heran harga telur omega 3 lebih mahal ketimbang telur ayam biasa. 

Agar tak salah, kamu bisa memastikan apakah telur omega 3 yang kamu beli asli atau telur ayam biasa. 

Ada beberapa cara membedakan telur ayam omega 3 dengan telur ayam biasa, dilihat dari ciri-ciri fisiknya.

Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, MS., dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB menjelaskan secara cangkang memang tidak bisa dibedakan. Namun jika kamu pecahkan telurnya maka akan terlihat perbedaan pada putih dan kuning telur. 

Warna kuning pada telur omega 3 akan lebih oranye kekuningan daripada telur ayam biasa. Hal itu karena pakan yang dikonsumsi oleh ayam tersebut sudah tinggi omega 3. 

Seringkali pakan tinggi omega 3 yang dikonsumsi ayam berasal dari limbah ikan atau limbah udang. Dari konsumsi limbah ikan dan udang tersebut bisa menyebabkan warna pada kuning telur lebih oranye. 

Selain warna kuningnya, ada perbedaan juga dari putihnya. Bagian putih telur omega 3 akan lebih kental daripada telur biasa sehingga ketika direbus akan lebih padat. “Agak kental sedikit karena ada yang didorong masuk, omega 3 itu lebih banyak. Maka air di dalam putih telur akan berkurang sedikit,” pungkas Niken.


Penulis : Syifa Nuri Khairunnisa
Editor : Silvita Agmasari
sumber : https://www.kompas.com/food/read/2020/09/06/140300175/cara-bedakan-telur-ayam-biasa-dengan-omega-3-jangan-sampai-tertipu, akses tgl 29/11/2020.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: