Cara Membedakan Peach Gum Kualitas Super dan Rendah

 Peach gum erkenal akan khasiat dan rasanya yang enak. Peach gum kini semakin digandrungi oleh masyarakat pada masa pandemi. 


Makanan yang berasal dari getah pohon persik ini bisa diolah menjadi dessert yang segar dan memiliki peluang bisnis pada masa pandemi. Kamu yang ingin berbisnis dan menjajakan peach gum, sebaiknya ketahui bahwa makanan ini memiliki tingkat kualitas dari rendah sampai super.

Executive Chef at AMUZ Gourmet Restaurant APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso menjelaskan jika peach gum memiliki bentuk seperti kristal dan dijual saat masih kering. 

"Kebanyakan yang dijual kering, jadi nanti bisa direndam dulu selama semalaman baru diolah menjadi dessert biasanya," jelas Chef Stefu kepada Kompas.com, Selasa (14/7/2020). 

Sedangkan menurut Megawati Wijaya, Owner Mamacia Treats yang sering mengolah peach gum mengatakan jika peach gum terdiri dari berbagai macam kualitas atau grade. 

"Peach gum grade selected atau kualitas rendah biasanya memiliki bentuk yang tidak beraturan dan lebih banyak kotoran," jelas Megawati Wijaya kepada Kompas.com, Selasa (14/7/2020). 

Jika banyak kotoran yang menempel pada peach gum maka memakan waktu yang lama untuk proses pembersihan sebelum diolah.

Peach gum dengan tingkat kualitas rendah juga lebih mudah hancur dibandingkan peach gum kualitas tinggi. Peach gum kualitas super atau tingkat tertinggi biasanya berbentuk bulat.

Bentuk bulat itu terbentuk karena sudah menjalani proses trimming dari mesin untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel sehingga peach gum lebih bersih. 

Menurut pemilik Peach Gum Kitchen, Julia Veronica, peach gum yang asli pasti memiliki kotoran walaupun hanya sedikit. Ia menyampaikan jika peach gum yang 100 persen bersih dan warnanya bening mengkilap dan tidak kekuningan bisa jadi peach gum tersebut palsu.

"Kalau ada orang yang menawarkan 'ini ada peach gum bersih 100 persen bening bagus' itu perlu dicurigai," kata Julia. 

Ia mengatakan peach gum tidak mungkin bersih 100 persen karena pasti ada kotoran yang menempel dan akan hilang dalam proses perendaman," papar Julia. 

"Pokoknya hati-hati dengan peach gum yang harganya murah, itu bisa jadi palsu," tambah Julia.


Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Silvita Agmasari
sumber : https://www.kompas.com/food/read/2020/07/15/210200975/cara-membedakan-peach-gum-kualitas-super-dan-rendah?page=all#page2, akses tgl 22/12/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget