Cara Minum Teh Hijau agar Lebih Efektif Bikin Langsing

 Teh hijau adalah minuman yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat teh hijau yang kerap disorot adalah khasiatnya dalam menurunkan berat badan. Atas dasar inilah, orang mulai mencari berbagai informasi mengenai minuman ini, mulai dari cara minum teh hijau agar cepat langsing hingga cara mengolahnya dengan benar. 


Teh hijau mengandung kafein dan salah satu tipe flavonoid bernama katekin, yang juga merupakan antioksidan. Kedua zat ini dipercaya dapat mempercepat metabolisme tubuh. Katekin bisa membantu memecah lemak berlebih, sementara baik kafein dan katekin dapat meningkatkan energi yang digunakan oleh tubuh.

Minum teh hijau untuk melangsingkan tubuh 

Minum teh hijau saja tidak cukup untuk membuat tubuh langsing jika tidak diiringi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti rutin olahraga dan menyertakan sayur-mayur serta buah dalam pola makan. 

Apabila teh hijau dikonsumsi sembari menerapkan gaya hidup sehat tersebut, manfaatnya untuk menurunkan berat badan bisa kita raih. 

Selain itu, minum teh hijau juga tidak boleh sembarangan. Berikut adalah cara minum teh hijau agar efektif membantu melangsingkan tubuh. 

1. Minum 2 atau 3 cangkir teh hijau setiap harinya 

Meminum 2-3 cangkir teh hijau sepanjang hari dianggap cukup untuk membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi, porsi ini tidak bisa jadi patokan bagi semua orang karena bergantung pada seberapa banyak kafein yang dikonsumsi dan proses metabolisme alami setiap orang. 

Teh hijau umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun, sebaiknya kita tidak meminumnya secara berlebihan karena dosis kafein yang tinggi dapat membawa pengaruh buruk terhadap orang-orang yang memiliki risiko masalah jantung atau yang punya tekanan darah tinggi.

2. Pilih teh hijau yang tidak melalui banyak proses 

Teh hijau memiliki banyak varian yang bisa kita pilih. Khusus untuk menurunkan berat badan, sebenarnya tidak banyak perbedaan yang signifikan antara varian-varian teh hijau yang beredar di pasaran. Akan tetapi, sebaiknya pilih teh hijau yang rasanya tawar dan tidak banyak melalui proses untuk mendapatkan nutrisi dari teh ini secara optimal. 

3. Minum teh hijau sebelum berolahraga 

Cara minum teh hijau agar lebih efektif membantu melangsingkan tubuh adalah dengan meminumnya sebanyak 1-2 cangkir sebelum olahraga. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi EGCG (jenis katekin dalam teh hijau) yang dikombinasikan dengan kafein sekitar 90 menit sebelum berolahraga, dapat meningkatkan tingkat oksidasi lemak secara signifikan saat berolahraga. 

4. Meningkatkan suhu air ketika menyeduh teh hijau 

Kita bisa meningkatkan suhu air dan lamanya proses penyeduhan untuk mengekstrak lebih banyak kafein dan EGCG dari teh hijau. Kedua zat ini rasanya pahit, jadi sebaiknya mempersiapkan diri jika ingin mendapatkan manfaat optimal dari teh hijau untuk menurunkan berat badan.

5. Minum teh hijau 30-60 menit setelah makan 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, teh hijau dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan proses metabolisme tubuh. 

Cara minum teh hijau agar cepat langsing adalah meminum teh ini sekitar 30-60 menit sebelum makan. Kamu bisa mengulanginya sebanyak 3-5 kali sesuai dengan waktu makan. 

6. Jangan menambahkan gula ke dalam teh hijau 

Salah satu alasan mengapa teh hijau bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah teh ini tidak mengandung kalori. 

Menambahkan gula ke dalam teh hijau sama saja dengan menambah jumlah kalori sehingga ini sangat tidak disarankan bagi yang ingin menurunkan berat badan. Satu sendok teh gula bisa menambah sekitar 16 kalori. Jumlah kalori ini akan terus bertambah jika kamu mengonsumsi teh hijau dengan gula secara rutin sepanjang harinya. 

7. Teh hijau jenis matcha bisa dicoba 

Jika ingin mendapatkan manfaat teh hijau yang paling optimal untuk menurukan berat badan, teh hijau jenis matcha mungkin bisa kamu coba. Jenis teh hijau ini dianggap sebagai yang paling kaya akan nutrisi dan antioksidan. 

Kamu bisa meminum seluruh bagian dari teh hijau matcha karena berbentuk bubuk dan telah melewati proses penggilingan, ketimbang kebanyakan teh hijau pada umumnya yang perlu diseduh terlebih dahulu daunnya sebelum diminum. 

Ingat, cara minum teh hijau agar lebih cepat langsing ini tidak akan efektif jika tidak diikuti dengan gaya hidup sehat yang juga penting, seperti berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan bergizi. 


Editor : Wisnubrata
sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2020/11/18/112315320/cara-minum-teh-hijau-agar-lebih-efektif-bikin-langsing?page=all, akses tgl 22/11/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget