Merebus daging dalam jumlah banyak bisa membuat penggunaan gas kompor jadi lebih boros daripada biasanya. Ada satu solusi yang bisa kamu coba untuk merebus daging dengan lebih efisien dan efektif yakni metode memasak 5-30-7. 


“Ini adalah teknik memasak yang sangat efisien dalam menghemat biaya terutama kompor gas yang digunakan,” kata Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo pada Kompas.com, Sabtu (25/7/2020).

Menurut Prasetyo, pada dasarnya ini merupakan teknik blanching. Blanching adalah proses memasak di mana makanan dimasukkan ke dalam air mendidih dalam waktu yang sebentar. 

Untuk melakukan metode 5-30-7 ini, pertama kamu harus mempersiapkan panci yang diisi air. Setelah itu, didihkan air sampai benar-benar mendidih.

Lalu masukkan daging yang akan dimasak ke dalam panci berisi air mendidih tersebut. Kemudian masak daging selama 5 menit. 

Setelah 5 menit, matikan api kompor lalu tutup panci dengan rapat. Biarkan daging selama kurang lebih 30 menit di dalam panci.

“Kemudian dimasak lagi selama 7 menit. Itu (panci) harus selalu tertutup rapat agar sirkulasi uap panas tidak keluar dari panci dan membuat daging menjadi empuk,” terang Prasetyo. 

Proses pemasakan daging terus berlangsung selama 30 menit api kompor dimatikan berkat uap air yang terperangkap di dalam panci.


Maka dari itu, panci dipastikan harus selalu tertutup rapat dan tidak sering dibuka-tutup. 

Ada baiknya juga menggunakan panci dengan bahan tebal dan tutup yang berat untuk hasil daging lebih empuk untuk metode 5-30-7.  


Penulis : Syifa Nuri Khairunnisa
Editor : Yuharrani Aisyah
sumber : https://www.kompas.com/food/read/2020/07/29/081800475/cara-rebus-daging-5-30-7-biar-hemat-gas-dan-hasil-empuk, akses tgl 12/12/2020.


Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: