Ini Peach Gum Palsu atau Asli? Kenali Bedanya

 Peach gum, makanan berkashiat dan memiliki rasa manis alami. Makanan sehat satu ini sekarang sedang naik daun. Bagaimana tidak? Peach gum merupakan getah dari pohon persik yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh dan rasanya pun juga enak. 


Namun sayang, karena banyak permintaan, momen ini dimanfaatkan oleh oknum "nakal". Terdapat peach gum palsu yang dijual di pasaran. Menurut Executive Chef at APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso, peach gum adalah bahan makanan yang mudah dipalsukan. 

"Kalau menurut saya bukan cuma peach gum yang dipalsukan, hampir semua bahan makanan apapun juga bisa dipalsukan. Apa lagi peach gum ini teksturnya kenyal hampir mirip dengan jeli. Jadi bisa diakali dengan agar-agar, jadi gampang banget," jelas Chef Stefu kepada Kompas.com, Selasa (14/7/2020). 

Chef Stefu mengatakan, banyak orang awam yang belum familier dengan bentuk asli peach gum. Peach gum yang setelah direndam pada air seharian akan berubah dari bentuk kristal menjadi lembut dan kenyal.

"Beberapa orang yang menjualnnya sudah jadi maka akan kesulitan saat membedakannya, tapi kalau masih kering, lalu masuk dalam proses perendaman akan berubah warnanya,"

Tips memilih pemasok peach gum 

Pendiri sekaligus pemilik Peach Gum Kitchen, Julia Veronica, menyampaikan beberapa tips memilih supplier yang menawarkan peach gum yang masih mentah atau berbentuk getah. Hal yang diperhatikan sangat mendasar. 

"Pokoknya hati-hati dengan peach gum yang harganya murah, itu bisa jadi palsu," jelas Julia kepada Kompas.com, Senin (13/7/2020). 

Julia memaparkan bahwa umumnya peach gum dijual dengan harga mulai dari Rp 300.000 per 500 gram. 

"Ada juga yang Rp 100.000, beda-beda tergantung kualitas peach gum, kalau yang palsu bisa di bawah Rp 80.000 ya," tambahnya.

Ciri-ciri peach gum palsu 

Selain itu ciri-ciri yang terlihat pada peach gum palsu adalah saat proses perendaman, peach gum tidak mengembang dan cenderung tidak berubah bentuk. 

Lalu juga teksturnya terlalu lembek. Bisa juga terlalu padat seperti jelly sehingga saat ditekan teksturnya padat dan susah hancur seperti karet. 

Peach gum pada dasarnya adalah getah dari pohon persik, yang berwarna kuning dan pastinya akan terpapar kotoran. Peach gum yang palsu cenderung bening dan mengilap, serta tidak ada kotorannya sama sekali. 

"Kalau ada orang yang menawarkan 'ini ada peach gum bersih 100 persen bening bagus' itu perlu dicurigai, karena peach gum tidak mungkin bersih 100 persen pasti ada kotoran yang menempel dan akan hilang dalam proses perendaman," papar Julia.

.

Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Yuharrani Aisyah
sumber : https://www.kompas.com/food/read/2020/07/15/141400275/ini-peach-gum-palsu-atau-asli-kenali-bedanya?page=all#page2, akses tgl 22/12/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget