Kenapa Daging Ayam Tidak Boleh Dimakan Mentah?

 Kalau membuat steak daging sapi ada tingkat kematangan mulai dari rare atau sebagian besar mentah sampai well-done atau matang sempurna. Namun, hal itu tidak berlaku pada daging ayam. Pasalnya, daging ayam harus dimasak sampai matang sempurna. 


Melansir Healthline, daging ayam merupakan salah satu makanan yang dapat mengakibatkan keracunan. 

Mengapa bisa seperti itu dan bagaimana cara mengolah daging ayam dengan aman? Simak ulasan berikut. 

Mengandung bakteri Salmonella dan Campylobacter 

Memakan ayam mentah akan meningkatkan risiko berkembangnya bakteri Salmonella dan Campylobacter pada tubuh. 

Kebanyakan orang yang mengalami keracunan makanan akan pulih tanpa efek mengalami kompilasi. Namun, beberapa orang bisa saja mengalami komplikasi yang lebih serius seperti gagal ginjal, radang sendi kronis, dan kerusakan otak dan saraf. 

Tamika Sim, direktur Komunikasi Teknologi Pangan di International Food Information Council Foundation, mengatakan makan ayam mentah sama sekali tidak sebanding dengan risikonya. 

“Setelah kamu makan ayam mentah, yang dapat mengandung bakteri penyebab keracunan, tubuh akan melakukan respons kekebalan. Pada dasarnya, sel-sel khusus dalam tubuh  akan melawan bakteri tersebut dan membunuhnya lalu mencoba mencegahnya berkembang biak atau menyebarkan racun berbahaya," kata Sim dilansir dari Healthline

Gejala penyakit keracunan makanan dapat bervariasi, tetapi biasanya bisa terlihat dari mual, kram perut, diare, muntah dan dehidrasi.

Kasus tersebut terjadi di Amerika Serikat. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 1 dari 6 orang Amerika, atau 48 juta orang, jatuh sakit karena penyakit yang disebabkan mengonsumsi makanan atau keracunan setiap tahun.

Dari jumlah tersebut, 128.000 dirawat di rumah sakit dan 3.000 meninggal. Sedikitnya lebih dari 1 juta orang terinfeksi Salmonella setiap tahun dan lebih dari 800.000 orang terinfeksi bakteri Campylobacter.

Menurut CDC, orang Amerika makan lebih banyak ayam setiap tahun daripada daging lainnya. Satu juta orang per tahun jatuh sakit karena memakan unggas yang terkontaminasi atau kurang matang.

Terkait keracunan daging ayam di Amerika Serikat, setiap restoran di AS yang menyajikan daging mentah, makanan laut, atau telur harus menyertakan peringatan tentang makanan tersebut dan tercantum dalam menu. Namun Dana Hunnes, PhD, ahli diet senior di Ronald Reagan Medical Center UCLA, menegaskan bahwa dampak negatif makan daging ayam mentah atau kurang matang lebih besar daripada kenikmatan saat menyantapnya.

Cara mengolah ayam yang aman

Untuk mencegah penyakit, Food and Drug Administration (FDA) AS menyarankan orang yang memasak ayam mentah untuk mengikuti langkah-langkah dasar yaitu membersihkan, memisahkan, dan memasak.

  • Pertama, bersihkan tanganmu sebelum dan sesudah memegang ayam mentah, untuk menghindari kontaminasi silang.
  • Kemudian pisahkan ayam mentah dan sarinya atau darahnya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam mesin pendingin.
  • Gunakan talenan dan pisau khusus untuk memotong ayam dan jangan menggunakannya untuk memotong bahan makanan lain.
  • Selanjutnya, masak ayam sampai suhu bagian dalam daging minimal 74 derajat celsius.


Penulis : Yana Gabriella Wijaya
Editor : Yuharrani Aisyah
sumber : https://www.kompas.com/food/read/2020/08/05/191900275/kenapa-daging-ayam-tidak-boleh-dimakan-mentah-, akses tgl 12/12/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget