Mengapa Pangan sangat Penting? Pahami Faktanya di Sini!

 Ketersediaan bahan makanan yang termasuk kebutuhan pangan merupakan salah satu hal penting yang harus dipenuhi agar masyarakat bisa hidup sehat dan beraktivitas. Pentingnya pangan menyangkut kesejahteraan hidup masyarakat dan negara, Tanpa pangan, masyarakat tidak bisa hidup dengan layak dan sebuah negara tidak bisa berkembang. 


Ketahui lebih banyak tentang pentingnya pangan melalui uraian di bawah ini! 

Pemenuhan gizi dan nutrisi masyarakat  

Pentingnya pangan sebagai pemenuhan gizi dan nutrisi masyarakat merupakan salah satu fungsi utamanya. Fungsi ketersediaan pangan bagi masyarakat merupakan fungsi primer atau utama. Dengan adanya pangan, masyarakat dapat hidup dengan sehat dan beraktivitas untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Namun jika tanpa pangan, masyarakat tidak dapat hidup secara sehat, beraktivitas normal, dan bekerja untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. 

Seiring dengan bertambahnya permintaan pangan karena jumlah masyarakat yang terus meningkat, ketahanan pangan menjadi isu yang banyak dibahas agar masyarakat bisa tetap hidup dan beraktivitas seperti biasa. Ketahanan pangan diartikan sebagai ketersediaan pangan untuk menjamin kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, Indonesia saat ini sedang berupaya untuk meraih ketahanan pangan demi menjamin kehidupan masyarakatnya. 

Berdampak pada ketahanan suatu negara 

Ketersediaan pangan di suatu negara berpengaruh pada kekuatan suatu negara. Oleh sebab itu, ketahanan pangan berbanding sejajar dengan ketahanan suatu negara. Contoh mudahnya, jika suatu negara tidak memiliki ketersediaan jumlah pangan yang mencukupi untuk masyarakatnya, maka bisa dipastikan impor pangan adalah langkah yang pasti akan dilakukan. Jika suatu negara secara terus-menerus mengimpor bahan makanan dari luar, maka bisa dikatakan negara tersebut tidak stabil dan tidak memiliki ketahanan yang kuat.  

Ketersediaan pangan di suatu negara juga berpengaruh pada ketahanannya karena jika suatu negara tidak bisa mencukupi kebutuhan dasar masyarakatnya, maka kemiskinan, kekurangan gizi, dan wabah penyakit akan menyerang. Bila masyarakat suatu negara sudah tidak dalam kondisi yang baik dan stabil, maka negara tidak akan bisa berkembang atau menjadi lebih baik.

Sebagai komoditas ekonomi suatu negara 

Peran penting pangan bagi negara juga bisa sebagai komoditas ekonomi yang bisa mendatangkan keuntungan. Contohnya saja pada masa di mana Indonesia memiliki ketahanan pangan yang sangat kuat dan menjadi lumbung padi dunia. Tanaman pangan merupakan komoditas terbesar yang bisa dijual ke luar negeri dan menghasilkan pendapatan yang bisa dimanfaatkan oleh negara. Ini disebabkan oleh tingginya permintaan dari luar negeri karena jumlah tanaman pangan di sana tidak mencukupi.  

Namun saat ini, Indonesia lebih banyak mendatangkan daripada mengekspor tanaman pangan. Tentu saja ini merupakan hal yang tidak baik karena pengeluaran negara menjadi meningkat. Dengan demikian, ketahanan pangan saat ini menjadi hal yang ingin diraih Indonesia supaya jumlah pangan dalam negeri sesuai dengan permintaan masyarakat.

Menentukan pembangunan negara 

Pembangunan suatu negara membutuhkan individu dan masyarakat yang berkualitas tinggi sebagai penggeraknya. Jika tidak ada individu yang berkualitas tinggi, maka suatu negera tidak akan bisa menentukan arah pembangunan. Ketersediaan individu yang berkualitas ini berhubungan erat dengan ketersediaan pangan sebagai pemenuhan gizi dan nutrisi. Jadi, bisa dikatakan jika ketersediaan pangan, berhubungan dengan penentuan arah pembangunan negara, 

Tanpa adanya ketersediaan pangan yang baik, tidak mungkin ada sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Tanpa individu berkualitas ini, pembangunan suatu negara tidak akan bergerak. Oleh sebab itu, ketahanan pangan menjadi syarat stabilitas politik dan pelaksanaan pembangunan suatu negara. 

Pentingnya pangan tidak hanya pada level individu atau masyarakat. Ketersediaan bahan pangan yang cukup, bisa memengaruhi kondisi suatu negara, termasuk stabilitas ekonomi dan perkembangan. Maka dari itulah, ketahanan pangan menjadi salah satu hal yang ingin diraih oleh Indonesia di tahun-tahun yang akan datang sebab bisa memengaruhi seluruh operasional negara. 


oleh Techno - Geek
sumber : https://kumparan.com/techno-geek/mengapa-pangan-sangat-penting-pahami-faktanya-di-sini-1rmKbFa35Lv, akses tgl 0/12/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget