Sejarah perkembangan bir pada zaman kuno

 Minuman alkohol adalah salah satu peradaban kuno yang memiliki paling banyak jenis di dunia. Setiap daerah pasti memiliki satu jenis minuman beralkohol tertentu. Minuman beralkohol ini dihasilkan dengan teknik fermentasi, hanya saja bahan dasar minuman dan sedikit perbedaan cara membuat terdapat berbagai jenis minuman beralkohol. Salah satu jenis minuman beralkohol yang paling banyak dikenal adalah bir. Bir ternyata telah ditemukan sejak 5.000 tahun sebelum masehi.


Dilansir dari History, fermentasi minuman ini telah dilakukan sejak 12.000 tahun yang lalu. Sejak munculnya biji-bijian seperti beras, gandum, dan jagung, teknik fermentasi dan menjadikannya minuman telah berkembang. Cara fermentasi pertama yang dilakukan ini merupakan salah satu perkembangan paling besar dalam teknologi pengolahan pangan saat itu.

Walaupun proses fermentasi telah dilakukan lama sebelumnya, namun minuman alkohol paling tua baru ditemukan pada tahun 9.000 sebelum masehi. Minuman ini berasal dari China dan berbahan dasar beras, madu, dan buah-buahan. Fermentasi gandum yang melahirkan bir baru dilakukan pada tahun 5.000 sebelum masehi oleh bangsa Sumeria. Bukti fisik dari bir ditemukan pada sebuah gerabah yang mengandung residu bir berusia 3.4000 tahun sebelum masehi.

Konsumsi bir banyak dilakukan pada masa kerajaan Babilonia dan juga Mesir. Para pekerja di wilayah sungai Nil sering dibayar dengan menggunakan berbagai makanan serta bir. Saat itu bir juga merupakan minuman bagi semua orang mulai rakyat biasa hingga raja, bahkan bir juga digunakan untuk diet bagi banyak orang.

Banyak dari bir di masa kuno ini ditambahi dengan bahan-bahan yang tidak biasa seperti minyak zaitun dan kurma. Bir baru mulai berkembang secara besar pada masa abad pertengahan di Eropa ketika pada masa itu orang mulai mencampur hops ke dalam resep bir. Selanjutnya bir dengan racikan semacam itu lah yang berkembang hingga saat ini. [RWP]

Reporter : Rizky Wahyu Permana
sumber : https://www.merdeka.com/gaya/sejarah-perkembangan-bir-pada-zaman-kuno.html, akses tgl 27/12/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget