Sejarah Telur dari Berbagai Belahan Dunia

 Anda mungkin sering menjadikan telur sebagai menu sarapan atau lauk-pauk saat makan siang. Namun, bisa jadi Anda belum mengetahui fakta dan sejarah tentang telur dari berbagai belahan dunia berikut ini.


- Bisnis telur pertama kali berkembang di Mesir

Sekitar tahun 1400 SM, orang Mesir menemukan cara untuk menetaskan telur di dalam gua-gua bawah tanah. Hal ini memungkinkan ayam bertelur lebih banyak dan menjadi sumber makanan.

- Omelet pertama kali dibuat di Roma

Bangsa Romawi memasak telur dadar manis dengan madu dan menyebutnya ovemele, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi "telur dan madu". Beberapa orang mengatakan ini adalah asal kata omelet alias telur dadar, sementara sejarah lain menyebut omelet berasal dari kata Prancis, amelette.

- Produksi telur terbanyak ada di Cina

Cina melampaui AS dalam produksi telur pada 1984, dan sekarang menyumbang sekitar 40 persen dari produksi telur dunia. Tidak semuanya berupa telur asli, beberapa tahun terakhir telur buatan yang terbuat dari resin, pati, dan bahan lainnya juga cukup merajalela di sana.

- Setiap warga Amerika rata-rata mengonsumsi 250 telur per tahun

Kandungan protein yang kaya membuat industri telur di Amerika terus berputar. Angka itu bahkan turun dari catatan 60 tahun lalu, ketika tiap orang Amerika rata-rata makan 389 telur dalam setahun.

- Telur terbesar di dunia ada di Inggris

Pada tahun 1896, telur dari seekor ayam Lancashire tercatat seberat 12 ons dengan diameter sekitar sembilan inci (22,86 cm). Rekor dunia itu bertahan sampai satu abad, sampai pada tahun 2010 seekor ayam betina bernama Harriet milik sopir taksi di Essex menelurkan telur dengan ukuran lingkar 9,1 inchi (23,114 cm).

Rep: c34/ Red: Bilal Ramadhan
sumber : https://republika.co.id/berita/senggang/unik/16/05/04/o6m7ef330-sejarah-telur-dari-berbagai-belahan-dunia, akses tgl 29/11/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget