Selain Membuat Kulit Lebih Cantik, Ini Manfaat Tempe bagi Kesehatan

 Makanan asli Indonesia, tempe masih menjadi primadona di semua kalangan. 


Kata tempe telah disebut dalam Serat Centini dan buku History of Java karya Stanford Raffles. Makanan berbahan dasar kedelai ini tak hanya enak untuk dikonsumsi, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

WHO bahkan mengakuinya sebagai makanan berkhasiat yang dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Hal tersebut didasarkan atas hasil penelitian tentang senyawa pembentuk tempe di sejumlah negara maju, seperti Jepang, AS, Inggris, dan Jerman. 

Berikut 4 manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi tempe: 

Diet 

Dikutip dari Kompas.com (14/10/2019), hasil fermentasi kedelai dengan inokulum Rhizopus sp. yang berwarna putih kapas merupakan jamur yang dapat mengurangi protein dalam kedelai. Hasil penguraian itu akan menjadi asam amino, sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. 

Salah satu manfaat tempe bagi perempuan adalah membuat tubuh tetap langsing dan mendukung program diet atau penurunan berat badan. 

Dibandingkan mengonsumsi makanan rendah kalori buatan pabrik, tempe bisa menjadi alternatif terbaik untuk menurunkan berat badan. 

Meski kandungan lemak dalam tempe cukup tinggi, tapi tempe juga mengeluarkan enzim lipase yang akan memecah lemak itu menjadi asam lemak yang dibutuhkan tubuh.

Pertumbuhan Anak 

Masih dari sumber yang sama, berdasarkan data Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, tempe merupakan makanan yang kaya akan gizi dan mengandung protein nabati dan asam amino. Tempe juga mengandung berbagai jenis vitamin B, zat besi, zinc, isoflavon, lemak nabari, fosfor, dan karoten. 

Protein pada tempe bisa menjadi pengganti kebutuhan protein yang didapat dari daging atau protein hewani. 

Apalagi tempe merupakan makanan yang relatif murah, sehingga bisa dikonsumsi oleh semua kalangan. 

Kandungan protein, vitamin, dan mineral inilah yang bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Maka, tak heran jika tempa dianjurkan sebagai makanan pendamping ASI. 

Membuat Kulit Lebih Cantik 

Memiliki kulit cantik adalah idaman semua wanita. 

Kulit merupakan bagian tubuh paling luar dan sering terpapar langsung oleh polutan dan bakteri. 

Salah catu cara untuk merawat kulit agar tetap cantik mengonsumsi tempe. Protein, kalsium, dan vitamen E yang terkandung dalam tempe memiliki manfaat untuk meredakan keriput. 

Selain itu, kandungan tersebut juga mampu mengencangkan kulit, sehingga tampak lebih muda.

Kurangi Risiko Penyakit Jantung 

Selain hal di atas, konsumsi kedelai mampu memperbaiki kesehatan jantung. 

Sebuah penelitian dilakukan di Kota Bogor dengan jumlah sampel sebanyak 53 wanita menopause. Para wanita tersebut diberikan 160 gram tempe setiap hari selama empat minggu. Jumlah tersebut setara dengan empat potong tempe ukuran sedang. 

Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pemberian tempe sebanyak 160 gram setiap hari selama empat minggu dapat memperbaiki profil lipid yaitu menurunkan kadar kolesterol total, K-LDL, dan trigliserida. 

Tempe juga dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan SOD serta menurunkan MDA dan oksidasi LDL. 

Hasil penelitian ini secara bermakna menunjukkan bahwa tempe mempunyai kemampuan untuk menurunkan faktor risiko penyakit jantung koroner. 

Penelitian tersebut merupakan disertasi dari Diah Mulyawati Utari dengan judul "Efek Intervensi Tempe terhadap Profil Lipid, Superoksida Dismutase, LDL Teroksidasi dan Malondialdehyde pada Wanita Menopause".


Penulis : Ahmad Naufal Dzulfaroh
Editor : Sari Hardiyanto
Sumber: 
- Kompas.com (Dian Maharani/Agustina | Editor: Bestari Kumala Dewi/Luis Kus Anna/Syafrina Syaaf).
- https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/29/054700565/selain-membuat-kulit-lebih-cantik-ini-manfaat-tempe-bagi-kesehatan?page=all#page2, akses tgl 29/11/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget