Tips Diet yang Sekaligus Menurunkan Kadar Kolesterol

 Banyak alasan yang memicu seseorang diet. Ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal, ingin terlepas dari obat-obatan tertentu, dan ingin terhindar dari penyakit seperti jantung, diabetes, dan kolesterol. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol fluktuatif dalam darah, maka disarankan untuk diet supaya kolesterolnya terkontrol.


Kolesterol merupakan zat lilin yang diproduksi oleh hati ketika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan tinggi gula. Makanan dengan kandungan ini antara lain daging, telur, susu, dan jeroan.

Mengutip laman Sehatq, ada dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat alias LDL. Kolesterol jahat ini meningkatkan risiko berbagai penyakit jantung sampai stroke. Musababnya, LDL menempel pada dinding pembuluh darah dan menyumbatnya.

Jadi, bagi kamu yang sedang diet dan ingin sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, berikut tips diet yang tepat:

Konsumsi serat larut

Jenis makanan yang mengandung serat larut air atau soluble fiber antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, legume, gandum utuh, apel, dan buah-buahan sitrus, seperti jeruk dan lemon.

Serat larut masuk ke saluran pencernaan, menyerap air, kemudian terbentuk seperti pasta kental. Serat larut ini juga menyerap bile, sebuah zat yang dihasilkan oleh hati untuk membantu mencerna lemak. Serat larut dan bile yang bersatu akan dieksresikan dalam tinja.

Bile ini terbuat dari kolesterol. Jadi, ketika hati menghasilkan banyak bile, maka kolesterol juga akan tertarik keluar dari aliran darah dan diekskresikan dalam tinja bersama serat larut. Itulah yang membuat kadar kolesterol turun.

Konsumsi buah dan sayur

Tak jauh berbeda dengan poin pertama, buah dan sayur juga mengandung serat larut. Sebuah studi menunjukkan orang dewasa disarankan mengkonsumsi minimal empat porsi buah dan sayur setiap hari supaya dapat menurunkan enam persen kandungan kolesterol jahat atau LDL dalam darah.

Bumbu dapur

Bawang putih, kunyit, dan jahe merupakan bumbu dapur yang biasa digunakan dalam berbagai masakan. Bahan alami ini efektif untuk menurunkan kolesterol dalam darah jika dikonsumsi secara teratur.

Makanan berlemak yang boleh dan tidak

Konsumsilah avokad, kacang-kacangan, dan ikan yang mengandung lemak tak jenuh. Makanan dengan lemak tak jenuh ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga sebelas persen dalam dua bulan. Adapun daging merah dan produk olahan susu mengandung lemak trans sintetis yang dapat memicu kolesterol jahat atau LDL.

Kurangi gula

Lemak jenuh dan gula menjadi satu paket yang harus dikontrol dalam tubuh. Konsumsi gula yang terlalu banyak memiliki efek yang buruk bagi tubuh, yakni berpotensi terkena diabetes.


Reporter: Sehatq.com
Editor: Rini Kustiani
sumber : https://gaya.tempo.co/read/1406806/tips-diet-yang-sekaligus-menurunkan-kadar-kolesterol, akses tgl 23/11/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget