7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi

 Makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah cabut gigi harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya, setelah prosedur pencabutan gigi, mungkin kamu masih akan sulit untuk mengunyah makanan. Tidak hanya itu, mengonsumsi beberapa makanan atau minuman juga dapat memengaruhi kondisi gigi kamu.


Setelah cabut gigi, kamu harus mendapatkan nutrisi yang tepat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai masalah pada gigi, seperti mengurangi pembengkakan hingga membantu proses penyembuhan luka.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah cabut gigi dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan gigi. Oleh karena itu, perhatikan konsumsi makanan dan minuman setelah kamu cabut gigi agar cepat pulih dan kesehatan gigi senantiasa terjaga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/1/2020) tentang makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah cabut gigi.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi

Makanan yang Terlalu Dingin atau Panas

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah cabut gigi yang pertama adalah makanan dengan suhu ekstrem. Suhu yang terlalu ekstrem, baik itu terlalu dingin atau panas, bisa membuat gusi jadi nyeri.

Pasalnya, setelah operasi gigi biasanya kamu akan jadi lebih sensitif terhadap makanan dan minuman yang suhunya ekstrem. Jadi pastikan sup, bubur, atau teh kamu tidak terlalu panas. Perhatikan juga agar air putih tidak sedingin es, karena hl ini juga berlaku pada minuman.

Alkohol dan Kafein

Mengonsumsi minuman keras juga menjadi larangan setelah cabut gigi. Kandungan di dalam alkohol dapat menyebabkan peradangan luka jahitan hingga memperlambat penyembuhan. Hal ini juga akan terjadi jika kamu mengonsumsi kafein.

Keduanya akan membuat kamu kehilangan banyak cairan tubuh karena bersifat diuretik. Padahal, tubuh butuh cairan yang cukup supaya lebih cepat pulih setelah prosedur cabut gigi.

Makanan yang Keras dan Renyah

Makanan yang keras dan renyah akan lebih mudah tersangkut di area bekas operasi gigi. Hal ini bisa mengundang bakteri untuk bersarang dan berkembang biak. Selain itu, kamu juga harus mengunyah lebih keras padahal gusi sedang dalam masa pemulihan. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah cabut gigi ini harus kamu hindari.

Makanan Pedas

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah cabut gigi berikutnya adalah makanan pedas. Makanan yang pedas bisa membuat area bekas cabut gigi jadi iritasi atau perih. Oleh karena itu, hindari dulu makanan pedas sampai kondisi gigi kamu benar-benar pulih.  

Makanan dan Minuman Asam

Makanan dan minuman asam dapat membuat area bekas operasi gigi jadi perih. Kadar keasaman dari makanan dan minuman seperti jeruk, cuka, tomat, mangga, dan kimchi bisa membuat area bekas operasi gigi jadi perih menyengat. Jadi saat awal pemulihan gigi sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang rasanya tidak terlalu kuat atau menyengat.

Makanan yang Lengket

Makanan yang lengket seperti lemper, ketan, dan permen karet juga merupakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah cabut gigi. Hal ini disebabkan karena makanan ini bisa menempel di area bekas cabut gigi dan membuatnya iritasi. Jadi, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang mudah ditelan dulu.

Minuman Bersoda

Soda atau karbonasi bisa mengurai gumpalan darah yang mengisi area bekas cabut gigi. Padahal, gumpalan darah ini sangat berguna untuk menyembuhkan luka atau infeksi setelah cabut gigi. Jadi kamu harus menghindari minuman bersoda setelah cabut gigi.  

Husnul Abdi
sumber : https://hot.liputan6.com/read/4448222/7-makanan-yang-tidak-boleh-dikonsumsi-setelah-cabut-gigi, akses tgl 04/01/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget