8 Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan, Baik untuk Pencernaan

 Manfaat air kelapa muda sangat baik untuk kesehatan. Tidak heran banyak orang yang menggemarinya, karena selain memiliki manfaat kesehatan, air kelapa muda juga enak dan tentunya sangat menyegarkan untuk tubuh.


Manfaat air kelapa muda didapatkan dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Kandungan gizi ini mulai dari Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur, asal jangan berlebihan.

Minum air kelapa muda saat cuaca panas akan benar-benar terasa menyegarkan. Hal ini membuat air kelapa muda cocok dikonsumsi saat sedang beraktivitas berat dan banyak berkeringat. Kamu tentunya juga sering melihat kelapa muda dijajakan di pantai yang cuacanya panas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/1/2021) tentang manfaat air kelapa muda.

Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan

Mencegah Dehidrasi

Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kamu. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Dengan elektrolit yang tinggi tersebut, manfaat air kelapa muda dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda juga sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat air kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping.

Jadi, lebih baik mengonsumsi air kelapa muda dari pada harus membeli obat-obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal.

Mengatasi Keluhan Pencernaan

Manfaat air kelapa muda juga dapat mengatasi berbagai keluhan pencernaan. Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Manfaat air kelapa muda berguna saat kamu terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Air kelapa mengandung enzim bioaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Air kelapa juga dapat membantu memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Ini membuatnya mampu menurunkan risiko sejumlah penyakit metabolik, seperti penyakit jantung. Penyakit metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, kolesterol baik (HDL) rendah, dan lemak perut berlebih.

Menetralisir Racun di dalam Tubuh

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangatlah tinggi. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin. Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun.

Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Menangkal Radikal Bebas

Air kelapa muda kaya akan senyawa fenolik, yang merupakan senyawa antioksidan untuk menangkal dampak buruk radikal bebas. Senyawa tersebut juga diketahui dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh.

Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat air kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandunga vitamin dan mikronutrien, seperti zink, tembaga, mangan, dan selenium. Sejumlah senyawa tersebut dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit infeksi tidak mudah terjadi.


Husnul Abdi
sumber : https://hot.liputan6.com/read/4463483/8-manfaat-air-kelapa-muda-bagi-kesehatan-baik-untuk-pencernaan, akses tgl 24/01/2021.


Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget