Ahli Gizi Beberkan Makanan-Minuman yang Sebaiknya Dihindari Pasien Corona

 Selama masa penyembuhan, pasien COVID-19 harus tetap menjaga asupan makanan yang sehat agar sistem imun tetap terjaga. Selain itu, pasien yang terinfeksi virus Corona juga harus menghindari makanan tertentu yang dapat memperlambat proses pemulihannya.


The Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan saat seseorang terkena COVID-19, pasien harus mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin C, vitamin D, mineral, dan zinc. Hal serupa disampaikan oleh pakar gizi komunitas dr Tan Shot Yen.

"Prinsipnya, baik pasien maupun bukan pasien, jika mau tetep sehat, asuplah (gizi) apa yg badannya butuh. Bukan cuma karena lidahnya lagi 'nagih'. Kita tetap butuh trio makro nutrien, karbohidrat, protein, lemak yang sehat," jelas dr Tan saat dihubungi detikcom pada Kamis, (07/01/2021).

Apa saja makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari pasien COVID-19?

Berikut daftar makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari pasien COVID-19 menurut dr Tan.

1. Makanan ultra proses

Makanan ultra proses atau makanan yang banyak mengandung gula, garam, perisa, dan penguat rasa sebaiknya dihindari pasien COVID-19. Dikutip dari NCBI, beberapa makanan tersebut meliputi, roti, sereal, mi instan, makanan kemasan seperti cokelat, biskuit, permen, yoghurt, dan selai berbagai rasa.

"Secara tidak langsung, produk beginian (ultra proses) justru mencetuskan komorbid yang akan memperparah penyembuhan," lanjutnya.

2. Makanan cepat saji

dr Tan menambahkan makanan cepat saji juga sebaiknya dihindari karena pengolahannya yang menggunakan minyak, dan mengandung gula serta garam yang tinggi.

3. Minuman berkafein

Minuman berkafein tak hanya ada di dalam kopi, beberapa minuman lainnya meliputi teh hijau, teh hitam, hingga matcha. dr Tan mengatakan kafein dapat membuat pasien COVID-19 tidak istirahat dengan cukup.

"Hindari kafein. Gimana mau istirahat dan tidur cukup, kalo tubuhnya distimulasi terus," ujarnya.

Sementara itu, ia menyarankan agar pasien yang terinfeksi Corona sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman seperti:

1. Karbohidrat

dr Tan menyebut karbohidrat yang sehat, seperti beras berwarna, ubi singkong kentang, jagung, talas, sayur, buah, protein, serta lemak sehat wajib dikonsumsi pasien COVID-19.

2. Lemak sehat

Selain karbohidrat, ia menambahkan bahwa pasien COVID-19 disarankan banyak mengonsumsi lemak sehat yang bukan berasal dari minyak goreng. Misalnya ikan laut dalam yang mengandung omega 3, berbagai jenis kacang, kelapa, dan alpukat.

3. Protein

dr Tan menjelaskan memakan protein yang benar adalah tidak diolah dengan cara digoreng atau dibakar.

"Protein jika diolah dengan cara yang benar, semakin membuat tubuh pulih dan bugar. Cara benar itu bukan dengan suhu terlalu tinggi seperti digoreng atau bakar. Bakar masih bisa sih, bungkus daun. Jadi risiko terbentuknya radikal bebas menurun," ungkapnya.

4. Air putih

Air putih dikenal baik untuk tubuh, dr Tan pun menyarankan bagi pasien COVID-19 untuk banyak mengonsumsi air putih.

"(Minum air putih) sampai pipis bening. Kecuali pada penderita yang harus membatasi jumlah asupan cairan," pungkasnya.

Zintan Prihatini 
sumber : https://health.detik.com/diet/d-5325457/ahli-gizi-beberkan-makanan-minuman-yang-sebaiknya-dihindari-pasien-corona, akses tgl 10/01/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget