Daftar Makanan yang Bisa Atasi Infeksi Bakteri: Ada Jahe dan Kunyit

 Daftar 10 makanan yang bisa mencegah ifeksi bakteri: jahe, kunyit, bawang putih, hingga blueberry.


Virus dan bakteri ada di mana-mana yang bisa membuat seseorang terserang penyakit seperti pilek, radang amandel, bahkan bronkitis.

Salah satu penyebabnya adalah sistem kekebalan tubuh yang kurang baik. Guna memperkuat sistem kekebalan tubuh, seseorang dapat menambahkan beberapa makanan untuk membantu melawan infeksi, mulai dari rempah-rempah, sayuran atau biji-bijian.

Makanan yang Bisa Cegah Infeksi Bakteri

Berikut ini rekomendasi makanan yang bisa digunakan untuk mengurang risiko terserang penyakit akibat infeksi dilansir dari laman Step to Health:

1. Jahe

Jahe merupakan akar yang memiliki efek antibakteri dan merupakan antibiotik kuat yang membantu tubuh untuk melawan pilek atau faringitis.

Seseorang dapat mengonsumsi jahe baik diparut atau diseduh dengan teh herbal. Jika mengombinasikan madu dengan jahe, hasilnya akan lebih baik untuk sistem imun.

2. Yogurt

Produk susu ini mengandung probiotik yang mengobati infeksi yang disebabkan oleh ragi. Infeksi ini muncul ketika ada ketidakseimbangan antara bakteri menguntungkan dan berbahaya dalam tubuh.

Pilihlah yogurt Yunani alami tanpa gula atau rasa untuk membantu mempercepat pemulihan.

3. Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti kefir dan asinan kubis, serta beberapa makanan kaleng (seperti acar atau acar zaitun) juga mengandung probiotik.

Saat proses fermentasi, akan mulai terbentuk vitamin dan enzim pencernaan pada makanan tersebut. Ketika dimakan, risiko peradangan dapat diminimalkan dan memungkinkan untuk detoksikasi.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah makanan antibiotik ampuh yang dapat menghadapi segala jenis infeksi, baik dikonsumsi bersama makanan atau digunakan sebagai obat luar. Komponen di dalamnya secara efektif mengobati masalah yang disebabkan oleh virus, bakteri dan ragi.

Makanlah 1 siung bawang putih mentah di pagi hari atau menambahkannya ke resep favorit.

5. Kayu Manis

Selain memiliki aroma wangi, kayu manis juga mengandung sejumlah antioksidan dan mineral seperti kalsium, serat, zat besi dan magnesium.

Sedikit kayu manis sehari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain dari sifat utamanya seperti anti-jamur, antivirus dan antibakteri.

Kayu manis bahkan direkomendasikan untuk mengobati penyakit radang seperti radang sendi, rematik atau diabetes.

6. Jeruk Bali

Jeruk bali merupakan sumber vitamin C yang bagus, memiliki kemampuan untuk memerangi penyakit virus dan bakteri.

Jeruk bali juga bermanfaat untuk menghilangkan infeksi yang disebabkan oleh ragi dan memungkinkan pemulihan lebih cepat dan mengendalikan penyerang bakteri.

7. Kunyit

Rempah berwarna kuning ini memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala infeksi. Curcumin (bahan utamanya) juga membantu tulang dan persendian, menjadikannya ideal bagi mereka yang menderita radang sendi.

Selain itu, kunyit membantu menjaga kesehatan hati. Ketika sistem hati tidak berfungsi dengan benar, biasanya seseorang lebih rentan terhadap penyakit.

8. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh menyimpan semua nutrisi dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini menjaga kadar gula darah meningkat.

Ketika kadar gula darah rendah, tubuh merespons dengan mendorong masuk serta mencegah tumbuhnya virus, bakteri, dan ragi. Selain itu, biji-bijian utuh tidak menyebabkan peradangan pada tubuh.

9. Sayuran hijau berdaun

Dilansir dari laman Promkes Kemkes chard, bayam atau selada merupakan sayuran yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh dari sakit atau menderita infeksi.

Sayuran lebih baik dikonsumsi mentah, asalkan tidak lupa untuk mencucinya terlebih dahulu.

10. Berry

Selain warnanya yang cerah, salah satu sifat yang dimiliki buah beri adalah kaya nutrisi. Buah ini berukuran kecil, tetapi sangat bergizi.

Buah ini diambil dari semak dan mengandung polifenol, fitokimia dan flavonoid yang memperkuat pertahanan tubuh.

Kelompok berry memiliki banyak variasi yang mencakup buah-buahan di antaranya blueberi, ceri, raspberi, gooseberry, ceri asam, blackberry.


Oleh: Sarah Rahma Agustin
sumber : https://tirto.id/daftar-makanan-yang-bisa-atasi-infeksi-bakteri-ada-jahe-dan-kunyit-fR6Y, akses tgl 11/01/2021. 

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget