Indomie di Afrika, Ukurannya Jumbo hingga Jadi Alat Transaksi Seks

 Kepopuleran Indomie juga sampai ke Afrika. Ada banyak fakta menarik soal produk mie instan Indonesia ini saat dipasarkan di sana.


Siapa tak kenal Indomie? Merek mie instan keluaran Indofood ini disukai hampir semua orang Indonesia.

Produknya mie instan goreng dan rebus dengan beragam pilihan rasa. Kelezatan Indomie asal Indonesia pun jadi buah bibir sampai ke luar negeri.

Banyak orang asing akhirnya penasaran mencicipi Indomie. Tak jarang mereka berakhir menyukainya hingga mencari Indomie di negara asal mereka.

Di Afrika, Indomie bahkan mendapat tempat spesial di hati masyarakatnya. Produknya mudah ditemui karena seperti menjadi makanan pokok orang sana.

Ada pula produk Indomie khusus untuk pasar Afrika yang rasanya unik. Terbaru, Indomie jadi perbincangan karena menjadi alat transaksi seks di Ghana.

Kabar ini begitu mengejutkan karena ternyata banyak remaja rela 'menebus diri' mereka dengan produk mie instan asal Indonesia ini.

Berikut Detikfood merangkum fakta unik seputar kehadiran Indomie di Afrika:

1. Indomie makanan favorit orang Nigeria


CNN
(25/1/19) menulis Nigeria adalah menempati urutan 12 sebagai negara pengonsumsi mie instan terbanyak. Per tahun jumlahnya bisa mencapai 1,7 miliar bungkus!

Ada sekitar 16 merek mie instan populer di sana. Laporan Kantor WorldPanel tahun 2017 menyebut Indomie menjadi salah satu merek terfavorit di sana.

Indomie bahkan bekerja sama dengan perusahaan lokal Nigeria, Tolaram Group dalam memasarkan produknya di sana.

Pertama kali Indomie masuk ke negara Afrika Barat pada tahun 1988. Kemudian tahun 1995, Indomie mendirikan pabrik pertamanya di Nigeria.

Setiap hari pabrik tersebut bisa memproduksi 8 juta mie instan. Namun bahan utama seperti tepung gandum dan minyak kelapa sawit untuk membuat mie instan masih diimpor.

2. Indomie rasa unik di Nigeria


Dilihat dari situs resmi Indomie Nigeria, ada banyak varian mie instan yang mereka luncurkan. Kategorinya terbagi dalam Indomitables, Standard Pack, Super Pack, Hungryman, Bellefull, Giant Pack, dan Relish.

Dari kategori Standard Pack, misalnya, ada Indomie rasa sup ayam pedas dan mie goreng Oriental yang unik. Kedua varian ini tidak ada di Indonesia.

Selain itu, Nigeria juga memperkenalkan varian Indomie yang lebih premium bernama Relish. Pilihan rasanya ada Relish Chicken Extravaganza dan Relish Seafood Delight.

3. Indomie kemasan jumbo


Melihat pasar Indomie yang begitu besar di Nigeria, produsennya mengeluarkan varian Giant Pack Chicken dengan ukuran yang benar-benar besar.

Dalam keterangan resminya, varian ini merupakan Indomie kemasan terbesar yang pernah ada di Nigeria. Mie instan ini sengaja dibuat untuk dinikmati bersama-sama.

Indomie kemasan jumbo di Nigeria ini pun sempat viral di Indonesia. Banyak netizen yang terkejut dengan perbandingan ukurannya saat disandingkan dengan Indomie biasa di sini. Perbandingannya kira-kira 4:1.

4. Tanboy Kun cicip Indomie Afrika


Vlogger mukbang
terkenal Indonesia, Tanboy Kun pernah bikin heboh karena mukbang Indomie Afrika saat sahur. Varian yang ia cicipi adalah Indomie Relish.

Ia bilang 1 bungkus Indomie Relish setara 2,5 bungkus mie instan Indonesia. Tanboy Kun bahkan membuat 5 bungkus mie untuk dimakan sehingga sama saja ia menyantap 12,5 bungkus mie instan Indonesia.

Soal rasa, Tanboy Kun bilang rasa gurih khas MSG-nya kurang. "Rasanya sih beda banget sama Indomie Indonesia, dari segi rasa kurang MSG. Mienya terlalu kering. Pokoknya kalian bersyukur lah," pungkas Tanboy Kun.

5. Indomie jadi alat transaksi seks di Ghana


Terbaru, Indomie Afrika bikin heboh karena menjadi alat transaksi seks di Ghana. Penelitian Star Ghana Foundation mengungkap Indomie menjadi salah satu penyebab tingginya kehamilan remaja di sana.

Banyak gadis remaja rela berhubungan intim dengan pria selama pria tersebut mau membelikan Indomie di malam hari. Lalu banyak juga remaja yang 'menebus diri' mereka dengan iming-iming uang digital dan media sosial.

Temuan ini begitu memprihatinkan. Star Ghana Foundation juga menyimpulkan kalau wanita masih sangat rentan di negara mereka.

Menyoal harganya, Indomie di Nigeria dijual dengan harga beragam. Dikutip dari detikfinance (30/12), harga Indomie di sana ada yang dijual Rp 2.880- Rp 4.800 per bungkus. Meski begitu, bisa juga dijual sampai Rp 10.500 per bungkus.

Andi Annisa Dwi Rahmawati
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5316035/indomie-di-afrika-ukurannya-jumbo-hingga-jadi-alat-transaksi-seks?single, akses tgl 04/01/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget