Menyusui Saat Pandemi Covid-19, Dua Penelitian dari China Berhasil Ungkap Hal Penting

 Usai kabar yang tersebar terkait penemuan mutasi baru virus Corona yang telah tersebar di beberapa negara, pastinya bagi Anda para ibu yang masih menyusui bayi mengalami kekhawatiran.


Anda merasa was-was dan mempertanyakan “apakah aman menyusui bayi dalam kondisi seperti saat ini?”

Sejauh ini para ahli berpendapat bahwa menyusui bayi aman dilakukan. Namun, jika Anda memiliki gejala penyakit yang disebabkan jenis baru virus Corona, tentunya situasi tersebut memerlukan beberapa tindakan pencegahan khusus.

Hingga saat ini, para peneliti belum menemukan SARS-CoV-2 (jenis baru virus Corona) dalam ASI, meskipun penelitiannya masih terbatas.

Dilansir Pikiran-Rakyat.com (PR) dari Healthline, dari dua studi kasus yang telah dilakukan, China melaporkan bahwa virus Corona dengan muatan baru tidak ditemukan dalam ASI dari salah satu wanita yang sakit karena Covid-19 di akhir trimester terakhir.

Hasil penelitian menunjukan, kedua wanita tersebut memiliki bayi sehat yang tidak mengalami infeksi virus Corona. Para ibu menghindari kontak kulit dengan bayi mereka yang baru lahir dan mengisolasi diri sampai mereka sembuh.

Para peneliti mengetahui bahwa SARS-CoV-2 menyebar terutama melalui tetesan kecil di udara ketika orang yang membawa virus bersin, batuk, atau berbicara.

Faktanya, virus ini berpindah ke hidung bahkan sebelum menimbulkan gejala pada beberapa orang. Anda dapat menularkan virus sebelum mendapatkan gejala bahkan jika Anda tidak pernah memiliki gejala, tetapi Anda membawanya.

Meskipun para ahli telah menetapkan bahwa kemungkinan besar tidak dapat menularkan mutan baru virus corona melalui ASI, Anda masih dapat menularkannya melalui tetesan dari mulut dan hidung atau setelah bersentuhan wajah atau terkena tetesan yang berasal dari mulut dan hidung.

Sebaiknya Anda melakukan pencegahan dengan mencuci tangan sebelum menyentuh bayi. Penting untuk sering-sering mencuci tangan, terutama sebelum dan sesudah menggendong bayi atau memegang botol bayi dan barang bayi lainnya.

Pencegahan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenakan masker. Jika Anda memiliki gejala Covid-19 atau memiliki firasat bahwa Anda mungkin mengalaminya, Anda bisa kenakan masker saat menyusui bayi.

Sebaiknya Anda juga mengenakan masker ketika menggendong, mengganti pakaian, atau berbicara dengan bayi. Hal tersebut mungkin tidak nyaman bagi Anda, tetapi ini dapat membantu mencegah infeksi virus Corona.

Anda tidak perlu khawatir karena penelitian medis yang dilakukan pada 2004 tentang jenis lain dari coronavirus (SARS-CoV) menemukan antibodi terhadapnya dalam ASI.

Antibodi seperti tentara kecil yang mencari jenis kuman tertentu dan menyingkirkannya sebelum menyebabkan kerusakan.***

Mutia Yuantisya
sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-011165226/menyusui-saat-pandemi-covid-19-dua-penelitian-dari-china-berhasil-ungkap-hal-penting, akses tgl 01/01/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget