Sejarah Dodol Garut

 Dodol garut adalah salah satu makanan tradisional khas Jawa Barat yang sangat terkenal. Makanan ini biasanya memiliki bentuk memanjang atau bulat dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Dodol garut biasanya disajikan sebagai camilan di daerah Jawa Barat terutama sekitar Garut, Tasik, dan Bandung. Industri dodol garut sendiri mulai berkembang semenjak tahun 1926. Ibu Karsinah adalah tokoh di balik berkembangnya popularitas dodol garut ini. Beliau merupakan pengusaha yang memulai usaha dodol garut tersebut pertama kalinya.


Dodol terbuat dari santan, tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Untuk membuat dodol garut kita dapat mencampur tepung ketan, parutan kelapa, santan, dan gula merah serta sedikit garam lalu dipanaskan. Setelah mengental, tambahkan gula pasir, dan kembali rebus hingga adonan mengental. Setelah itu adonan dituang ke dalam loyang yang sudah diberi minyak goreng lalu tunggu hingga dodol mengeras. Sebenarnya saat ini sudah terdapat dodol garut dengan berbagai varian rasa seperti stroberi, jambu, durian, dan lain-lain. Selain berbagai varian rasa kini ada juga salah satu produsen dodol garut yang memadukan coklat dan dodol untuk dijadikan oleh-oleh khas dari kota tersebut yang biasa disebut 'chocodot' atau cokelat dodol.

Jika anda sedang berwisata ke Kota Garut, jangan lupa untuk membeli makanan ini sebagai buah tangan atau disimpan sebagai camilan di rumah. Untuk mendapatkannya sangatlah mudah. Anda bisa menjumpai toko-toko atau warung yang menjual dodol garut di sepanjang jalan Kota Garut, terutama di jalan-jalan dekat pintu gerbang dari Kota Garut menuju daerah lain sekitarnya.

Saat ini dodol garut sudah sangat terkenal di mancanegara. Salah satu produsen dodol garut dalam negeri yang sudah sangat terkenal adalah Dodol Garut Picnic hasil produksi PT. Herlinah Citra Pratama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan. Dengan packing yang menarik dan rasa yang beraneka ragam, dodol garut itu banyak menyita perhatian warga asing sehingga saat ini sudah dipasarkan ke negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, serta Brunei Darussalam.


#OSKMITB2018
oleh Talithaurellia .
sumber : https://budaya-indonesia.org/Sejarah-Dodol-Garut, akses tgl 24/01/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget