Jahe Disebut di Al Qur’an, Apakah Bisa Jadi Obat Pencegah Corona


Di tengah merebaknya virus Corona atau Covid-19 yang kini sudah menjadi pandemic global, banyak orang berbondong-bondong untuk mencari ramuan alternatif tanaman herbal untuk menjaga daya tahan tubuh mereka agar dapat terhindar dari virus ini.

Apakah benar tanaman herbal bisa menjadi pencegah virus Corona?

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) Hardhi Pranat menyebut tanaman herbal seperti kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat serupa diberikan oleh zat polifenol dalam jahe. Kunyit juga memiliki zat anti kataral yang dapat memperbanyak produksi lendir.

Jika dihubungkan dengan virus Corona yang cenderung menyerang seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya yang kurang, maka tanaman herbal tersebut bisa jadi salah satu jalan untuk menjaga imunitas tubuh dari virus.

Berbicara mengenai jahe, selain polifenol, jahe juga mengandung gingerol untuk kekebalan tubuh. Selain itu juga jahe sarat akan ekspektoran yang mampu melegakan tenggorokan dan dada. Dari penelitian ini bisa dikatakan jahe dapat menjaga tubuh kita dari penularan virus.

Selain itu, jika dihubungkan dengan dengan agama, minuman jahe sendiri telah Allah sebut dalam salah satu ayat di kitab suci Al Qur’an dimana jahe sebagai bahan campuran minuman di surga.

"Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe," (Surah Al-Insan: 17).

Para ulama  berpendapat bahwa yang dimaksud di dalam ayat ini adalah minuman surga yang di campur zanjabil (jahe). Dalam Tafsir Nurul Qur’an oleh Sayyid Kalam Faqih, beliau mengutip dari perkataan Ibnu Abbas bahwa: “Kenikmatan-kenikmatan yang telah disebutkan Allah dalam al Qur’an adalah yang namanya kita kenal. Misalnya, Dia menyebutkan “minuman segar di campur zanjabil”, zanjabil adalah nama untuk jahe, yaitu tanaman akar – akaran yang aromanya sangat disukai oleh orang Arab (Faqih, 2006 : 52).


Diposting oleh : Admin

Sumber: 

- Tirto.id, Hidayatullah.com

- https://baznas.go.id/artikel/baca/Jahe_Disebut_di_Al_Qur%E2%80%99an,_Apakah_Bisa_Jadi_Obat_Pencegah_Corona/4, akses tgl 15/08/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget