Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air

 Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan umatnya kebaikan dalam segala hal. Termasuk tentang adab yang baik ketika minum air sesuai dengan sunnahnya.


Sunnah adalah cara hidup yang ditetapkan sebagai normatif bagi umat Islam berdasarkan ajaran dan praktik Islam Nabi Muhammad SAW dan interpretasi Al Qur'an.

Sunnah penting karena itu adalah pedoman hidup umat. Sunnah mengajarkan mulai dari hal besar hingga yang sederhana sekalipun. Seperti cara yang baik ketika minum air, baik air putih, kopi dan teh.

Tak hanya sekadar meneguk air, tetapi harus dibarengi dengan adab-adab yang baik. Adab tersebut juga akan mengantarkan umat Muslim dalam kebaikan, karena manfaatnya telah dibuktikan secara ilmiah.

Berikut 7 adab yang baik ketika minum air dalam Islam:

1. Pakai Gelas yang Bersih

Saat minum air, Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk tidak meminum langsung dari wadah. Misalnya seperti teko, kendi atau termos. Adab yang baik adalah menuangkan ke dalam gelas.

"Jangan minum langsung dari kendi air (atau wadah air apapun)," (HR. Bukhori).

Karenanya pilihlah gelas yang bersih dan tuangkan air sesuai dengan kebutuhan tubuh. Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa penting untuk tidak minum air terlalu banyak bahkan saat kamu sangat saus.

Hal tersebut telah dibuktikan secara ilmiah. Ada sebuah studi yang membuktikan bahwa ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat.

Dilansir dari WEBMD (11/06/20) kondisi itu bisa menyebabkan ginjal tidak dapat mengeluarkannya dengan cukup cepat dan darah menjadi tergenang air.

Bahkan bisa menyebabkan kematian. Porsi yang ideal untuk minum air putih dalam sehari adalah 1,5 hingga 2 liter.

2. Mengucapkan Bismillah

Adab yang baik ketika minum air adalah mengucapkan 'Bismillah hir-Rahman nir-Rahim;. Artinya adalah 'Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Penyayang'.

Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Ketika mulai minum air pertama membaca bismillah," (Hadits Tirmidzi).

Maksud dari itu adalah kita sebagai umat Muslim benar-benar memuji Allah SWT yang memberi kami air minum. Karena tanpa AllahSWT tidak ada yang bisa bertahan hidup di bumi.

3. Minum Air dengan Tangan Kanan

Seperti halnya semua kegiatan yang akan sangat baik jika dikerjakan dengan menggunakan tangan kanan. Begitu juga ketika minum air. Hal ini sudah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW.

"Jangan pernah makan dan minum dengan tangan kiri, karena setan makan dengan tangan kiri," (Hadits Muslim)

4. Duduk

Selain menggunakan tangan kanan, adab yang baik ketika minum air dalam Islam adalah sambil duduk. Dalam sebuah hadits Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan, "Duduk dan minum,".

"Janganlah salah satu dari kalian minum sambil berdiri, dan jika ada yang lupa dia harus muntah,".

Minum sambil berdiri dapat membahayakan dan hal itu sudah dibuktikan secara ilmiah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa minum air sambil berdiri atau berjalan dapat menyebabkan kerusakan saluran Saluran Gastrointestinal.

Bukan hanya itu, tetapi juga menyebabkan kerusakan ginjal, radang sendi, ketegangan saraf dan gangguan lainnya.

5. Minum Satu Tegukan dalam 3 Kali Bernafas

Minumlah air dalam satu tegukan sambil mengambil tiga kali bernafas. Nabi Muhammad SAW melarang meminum air dalam satu teguk sambil bernafas satu kali.

"Jangan minum air hanya dalam satu nafas, tetapi minum dalam dua atau tiga nafas," (HR Bukhori).

Studi ilmiah menunjukkan bahwa ada banyak efek berbahaya saat minum air dalam satu tegukan. Dampaknya dapat menyebabkan tersedak, melemahkan otot, saraf dan adanya gangguan pada hati dan perut, lapor Scientific American.

6. Jangan Meniup atau Menghembuskan Nafas ke dalam Gelas

Penting juga untuk tidak meniup atau menghembuskan nafas ke dalam gelas yang berisi air. Abdullah Bin Abbas meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW berkata, "Jangan meniup dari mulutmu ke dalam makanan dan air,".

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa menghirup CO2 ke dalam segelas air dapat menyebabkan bereaksi dan membentuk asam karbonat yang dapat mengganggu lingkungan internal sehingga menyebabkan penurunan pH.

Dalam kondisi yang lebih buruk, hal tersebut dapat menyebabkan asidosis atau kondisi di mana darah mengandung terlalu banyak asam atau basa yang sangat rendah. Bisa juga menurunkan pH darah, seperti dikutip dari Royal Society of Chemistry.

7. Mengucapkan Alhamdulillah

Setelah memulai dengan ucapan Bismillah, maka Islam juga mengajarkan mengakhiri dengan ucapan Alhamdulillah. Rasulullah SAW berkata, "Bacalah 'bismillah' sebelum minum dan ucapkan 'alhamdulillah' setelah minum,".

Hal ini dilakukan untuk memuji Allah SWT karena telah memberkati kita dengan air, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa tetapi merupakan minuman terpenting di seluruh bumi.

Riska Fitria 
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5632094/masya-allah-ini-7-sunnah-nabi-muhammad-saw-ketika-minum-air, akses tgl 12/09/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget