Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Terbukti Bikin Jantung Sehat

Sebuah penelitian terbaru mengungkap kalau minum kopi hingga 3 cangkir tiap hari membuat jantung lebih sehat. Bahkan risiko penyakit kardiovaskular juga jadi turun.


Kopi memang mengandung nutrisi yang ampuh menyumbang kesehatan tubuh. Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan bahkan menyebut kopi baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah resiko penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Scitechdaily (30/8) orang yang terbiasa minum kopi hingga 3 cangkir dalam sehari memiliki jantung yang leih sehat. Penelitian ini juga dipresentasikan dalam ESC Congress 2021.

"Sepengetahuan kami, ini adalah studi terbesar yang secara sistematis menilai efek kardiovaskular dari konsumsi kopi secara teratur pada populasi tanpa terdiagnosis penyakit jantung," kata Dr. Judit Simon, dari Pusat Jantung dan Vaskular, Universitas Semmelweis, Budapest, Hongaria.

Minum kopi secara teratur sebanyak setengah cangkir hingga 3 cangkir dalam sehari terbukti mampu menjaga kesehatan jantung.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa konsumsi kopi secara teratur terbilang aman, bahkan asupan harian kopi yang tinggi tidak berkaitan dengan penyakit kardiovaskular sebagai penyebab kematian," lanjut Dr. Simon. "Selain itu, 0,5 hingga 3 cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah, kematian akibat penyakit kardiovaskular, dan kematian karena sebab apa pun."

Banyak penikmat kopi hanya berfokus pada rasa kopi yang diminumnya, padahal efek jangka panjang dari minum kopi ini sangatlah baik terutama bagi jantung.

Penelitian ini mencari tahu hubungan antara minum kopi dan kejadian serangan jantung, stroke, dan kematian karena penyakit kardiovaskular. Penelitian ini melibatkan 468.629 peserta tanpa tanda penyakit jantung. Usia rata-rata peserta adalah 56,2 tahun dan 55,8% peserta berjenis kelamin perempuan.

Partisipan dibagi menjadi tiga kelompok menurut porsi asupan kopi yang biasa mereka konsumsi: tidak ada (tidak mengonsumsi kopi secara teratur, 22,1%), ringan hingga sedang (0,5 hingga 3 cangkir/hari, 58,4%), dan tinggi (lebih dari 3 cangkir/hari, 19,5%).

Dibandingkan dengan peminum kopi yang tidak teratur, peserta yang konsumsi kopi dalam porsi ringan hingga sedang dikaitkan dengan risiko 12% lebih rendah dari semua penyebab kematian, 17% lebih rendah terpapar penyakit kardiovaskular dan 21% lebih rendah berisiko stroke.

"Hasil analisis menunjukkan bahwa dibandingkan dengan peserta yang tidak minum kopi secara teratur, konsumen kopi harian memiliki jantung yang lebih sehat dan fungsi jantung yang lebih baik," kata Dr. Simon.

Selain meningkatkan kesehatan jantung, kopi juga memberi segudang manfaat lainnya. Dilansir dari berbagai sumber, kopi bisa membantu meningkatkan daya ingat, menurunkan berat badan hingga mengurangi diabetes.

Berikut beberapa manfaat minum kopi secara teratur:

1. Mengurangi risiko diabetes

Penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School menyebutkan bahwa minum kopi bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes. Kopi yang dimaksud di sini adalah jenis kopi hitam tanpa tambahan gula atau susu.

Hasil penelitian yang dilakukan selama 20 tahun pada lebih dari 100 ribu orang ini dipublikasikan pada 2014. Penelitian ini menyebut asupan kopi lebih dari satu cangkir per hari dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 11 persen.

Sementara orang-orang yang mengurangi konsumsi kopi per hari berisiko terkena diabetes hingga 17 persen.

2. Meningkatkan daya ingat

Kandungan kafein dalam kopi membantu membuat seseorang jadi lebih fokus serta meningkatkan daya ingat. Tak heran kalau beberapa orang mengonsumsi kopi di pagi hari agar bisa tetap fokus saat menjalani aktivitas.

Selain membuat fokus, kopi juga membantu otak tetap aktif sehingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan demensia. Ketika dikonsumsi secara rutin, kopi mampu menurunkan risiko penyakit otak ini sebanyak 65 persen.

3. Membuat langsing

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Illinois di Urbana-Champaign mengungkapkan kalau kafein dalam kopi mampu membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar dan sehat. Efeknya yakni berpotensi membuat tubuh lebih langsing.

Ilmuwan menemukan fakta bahwa kafein dapat memberikan efek anti-obesitas dengan mengubah gen tertentu dalam tubuh. Meskipun dapat mencegah obesitas, tetapi kafein bukanlah minuman yang bisa dikonsumsi secara berlebihan.

4. Mencegah kanker

Dilansir dari Medical News Today (30/8) sebuah penelitian yang dilakukan pada 2017 mengungkap kalau minum kopi secara teratur mampu mengurangi resiko kanker hati dan kanker endometerium.

Minum 3-4 cangkir kopi per hari diklaim memberi manfaat besar. Kopi juga mengandung antioksidan yang dapat menghentikan atau memperlambat kerusakan sel. Tapi kopi yang diasup haruslah kopi hitam, bukan kopi olahan yang sudah mendapat tambahan gula, krim dan bahan campuran lainnya.

5. Turunkan risiko asam urat

Sebuah studi yang dilakukan pada 2007 dalam skala besar berusaha menguji hubungan antara kopi tanpa kafein dengan kadar asam urat. Hasilnya ditemukan bahwa kopi tanpa kafein atau jenis kopi decaf berhubungan dengan penurunan kadar asam urat.

Kelompok pria yang minum 1-3 cangkir kopi tanpa kafein sehari berisiko lebih rendah terkena asam urat hingga 33 persen dibandingkan orang yang tidak minum kopi. Para peneliti berspekulasi bahwa sumber antioksidan dan asam fenol klorogenat yang terdapat di dalam kopi mempengaruhi risiko asam urat.

Devi Setya
sumber : https://food.detik.com/info-sehat/d-5702719/minum-3-cangkir-kopi-sehari-terbukti-bikin-jantung-sehat?single, akses tgl 31/08/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget