Doa Minum Kopi dari Habib Muhdor Ahmad Assegaf


Kopi merupakan salah satu minuman primadona di seluruh dunia. Di Indonesia, animo masyarakat terbilang tinggi terhadap kopi. Saban hari manusia tak bisa dilepaskan dari kopi. Pagi minum kopi. Siang minum kopi. Pun malam minum kopi. Bertamu ke rumah orang pun, yang ditawarkan adalah kopi atau teh. Itulah budaya minum kopi di Indonesia.

Yang menarik, kegemaran akan kopi tanpa sekat. Tak melihat status sosial. Semua orang yang menyukai kopi dari lintas kehidupan sosial yang berbeda; tua, muda, remaja, dewasa, miskin, kaya, pejabat, pendeta, biksu, kyai, ustadz, rakyat, pria, dan wanita. Semua larut dalam adukan dan aroma kopi.

Pendek kata, kopi bisa meleburkan pelbagai corak ragam manusia. Anak muda bisa dengan gampang nongkrong dan berbaur dengan sesama, berkat kopi yang tersuguh di meja kafe. Pelbagai lapisan masyarakat berbaur dengan sesamanya berkat secangkir kopi. Para pejabat bisa menerima pengaduan rakyat lewat seduhan aroma kopi. Para agamawan berdialog, dengan kopi yang tersedia di meja. Kopi mampu memecah kebuntuan.

Nah dalam Islam punmemberikan perhatian pada kopi.  Terdapat doa yang dianjurkan ketika minum kopi. Habib Mudhor Ahmad Assegaf, Pemalang, mengatakan doa minum kopi ini diajarkan langsung oleh Rasulullah terhadap seorang pemuda taat yang berasal dari Maroko. Doa sebelum minum kopi ini termaktub dalam kitab hikāyātus Shālihīn, karya Ahmad Yasin bin Asmuni.

Berikut doa minum kopi tersebut;

اللهم اجعلها نورا لبصري وعافية لبدنى وشفاء لقلبي ودواء لكل داء, ياقوى يامتين

Allahumma a’j’alha nūran libasharī Wa ‘āfiyatan libadanī wa Syifāa li Qalbī wa dawā an li kulli dāi,  yā qowiyyu yā matīnu

Artinya: Ya Allah jadikanlah bagi kopi ini, minuman sebagai cahaya untuk penglihatan ku, dan jadikanlah kesehatan untuk tubuh ku, Dan jadikanlah  obat penyembuh untuk penyakit hati, dan jadikanlah kopi sebagai obat dari segala bentuk penyakit ku yang menimpa ku.Wahai Dzat yg maha kuat.

Demikianlah doa dari Habib Muhdor Ahmad Assegaf. Semoga dapat mendatangkan manfaat bagi pembaca sekalian

Penulis Zainuddin Lubis
sumber : https://bincangsyariah.com/zikir-dan-doa/doa-minum-kopi-dari-habib-muhdor-ahmad-assegaf/, akses tgl 28/09/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget