Sudah Minum Kopi Tapi Tetap Ngantuk, 6 Hal Ini Penyebabnya!

 Kopi mengandung kafein yang bisa membuat terjaga. Namun, ada sebagian orang yang tetap ngantuk setelah minum kopi. Ini 6 penyebabnya!


Kopi adalah minuman yang diolah dari biji kopi. Minuman ini termasuk menyehatkan kalau mengonsumsinya dengan cara yang benar. Salah satunya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Untuk sebagian orang, kopi juga menjadi gaya hidup. Karenanya jumlah peminum kopi meningkat terus dan jenis minuman kopi makin banyak.

Kopi juga mengandung kafein yang tinggi. Zat inilah yang membuat orang sering terjaga setelah minum kopi. Tapi, ada juga sebagian orang malah mengantuk setelah mengonsumsinya.

Dilansir dari Bright Side, berikut 6 penyebab minum kopi malah ngantuk.

1. Tidak Sensitif Terhadap Kafein

Ada sebagian orang yang merasakan sensitif terhadap kafein. Namun, banyak juga yang tidak merasakannya. Biasanya orang yang tidak sensitif terhadap kafein bisa mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak.

Mereka yang tidak sensitif terhadap kafein juga tetap bisa tidur nyenyak walaupun mengonsumsi kopi 4 jam sebelum tidur. Hal ini juga diungkapkan dalam sebuah penelitian pada 785 sukarelawan yang banyak menemukan kalau kafein tidak mengganggu tidur mereka.

2. Mendorong Adenosin dalam Tubuh

Minum kopi di siang hari memang paling nikmat. Banyak yang mempercayai kalau kafein bisa meningkatkan energi tubuh yang lelah. Namun, minum kopi di siang hari bisa mendorong tubuh untuk memproduksi adenosin.

Zat kimia yang mendorong rasa ingin tidur. Saat kamu akhirnya tidur di siang hari setelah minum kopi, tubuhmu akan terasa segar kembali dan berenergi.

3. Kopi Bisa Membuat Lelah

Sebagian orang pasti pernah merakan ingin ke toilet setelah minum kopi. Kalau kamu pernah merasakannya, hal ini bisa terjadi karena kafein berfungsi sebagai diuretik.

Dengan kata lain kamu akan sering ke toilet hingga membuat cairan tubuh berkurang dan menyebabkan dehidrasi. Setelahnya bisa membuat tubuh merasa lelah dan jadi mengantuk.

4. Menurunkan Kadar Glukosa Darah

Khusus penikmat kopi manis dengan tambahan gula, krim, susu, dan lainnya, bukannya terjaga justru kamu akan merasa ngantuk. Setelah minum kopi manis itu, tubuh akan langsung memberikan reaksi dari gula yang dicerna.

Ketika tubuh mencerna gula olahan tersebut, kadar glukosa darah akan mulai turun. Akibatnya tubuhmu akan terasa lelah hingga mengantuk.

5. Kopi Terkontaminasi Jamur

Mungkin terlihat menjijikkan kopi terkontaminasi jamur, tapi bisa saja kamu tidak sengaja mengonsumsi kopi berjamur. Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan kalau kopi bisa berjamur.

Kopi yang terkontaminasi jamur bisa menimbulkan racun. Racun tersebut bisa menyebabkan rasa lelah dan membuatmu ngantuk.

6. Merasakan Stres

Perasaan gelisah setelah mengonsumsi kopi bisa dirasakan oleh tubuh. Itu karena minum kopi menggandakan kadar hormon stres dalam tubuhmu, bahkan jika kamu minum dalam jumlah yang sama setiap hari.

Saat merasakan stres, biasanha menghilangkan perasaan itu dengan tidur. Karena merasakan kantuk dan lelah adalah cara alami bagi tubuh Anda untuk bereaksi terhadap stres.

Yenny Mustika Sari
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5607307/sudah-minum-kopi-tapi-tetap-ngantuk-6-hal-ini-penyebabnya?single, akses tgl 01/10/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget