Benarkah Angkak Efektif sebagai Obat Tradisional untuk Demam Berdarah?

 Indonesia merupakan salah satu negara dengan kasus tertinggi demam berdarah dengue (DBD). Hal ini tidak mengherankan karena Indonesia termasuk dalam negara tropis, yang merupakan tempat berkembangnya nyamuk yang membawa virus DBD. Karena penyakit ini sudah ada sejak zaman dahulu, nenek moyang Indonesia pun mencari obat tradisional untuk menyembuhkannya. Salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan demam berdarah adalah angkak. Namun, apakah benar angkak dapat menyembuhkan DBD dari sisi medis?


Apa itu angkak?

Angkak adalah salah satu jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus.

Obat tradisional ini berwarna merah dan sudah dipercaya bertahun-tahun oleh dokter di Indonesia dalam pengobatan penyakit DBD.

Tidak hanya dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit, angkak juga bisa digunakan sebagai penambah rasa dan pewarna makan alami yang memberikan warna merah.

Angkak bisa diberikan sebagai obat untuk pasien DBD dalam berbagai cara, mulai dari kapsul, teh angkak, maupun makanan yang sudah dicampur dengan angkak.

Namun, seberapa efektif angkak untuk mengatasi demam berdarah? Untuk mencari tahu jawabannya, simak penjelasannya di bawah ini.

Bisakah angkak dijadikan obat peningkat trombosit untuk pasien demam berdarah?

Anda mungkin terbiasa membawakan buah jambu biji saat menjenguk pasien DBD.

Namun, selain buah jambu biji, hal lain yang juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan DBD adalah angkak.

Ya, angkak secara turun-temurun telah dipercaya oleh orang Indonesia sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan DBD.

Sebenarnya, apakah benar angkak bisa menyembuhkan DBD?

Untuk menjawab pertanyaan ini, sudah terdapat banyak berbagai penelitian yang dilakukan dalam membuktikan apakah angkak bisa menyembuhkan pasien DBD dan bagaimana cara kerjanya.

Salah satunya adalah sebuah studi dari IPB yang dilakukan pada tahun 2012. Bagaimana hasilnya?

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemberian kapsul angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang mengalami trombositopenia (kadar trombosit dalam darah rendah).

Seperti yang kita mungkin sudah tahu, pasien DBD biasanya mempunyai kadar trombosit yang rendah, sehingga membuat penyakitnya semakin parah.

Dengan pemberian obat alami angkak yang dapat meningkatkan kadar trombosit, maka pasien demam berdarah kemungkinan akan lebih cepat sembuh.

Hal ini juga diperkuat oleh penelitian dari Universitas Airlangga di tahun 2013. Penelitian tersebut dilakukan pada dua kelompok pasien DBD, dengan masing-masing kelompok berjumlah 15 orang.

Satu kelompok diberikan kapsul angkak dan satu lagi tidak diberikan angkak. Hasilnya adalah angkak dapat menurunkan kadar trombopoietin (TPO) pada pasien DBD.

TPO merupakan salah satu faktor yang bertanggung jawab dalam pembentukan trombosit dalam tubuh manusia.

Kadar TPO biasanya berbanding terbalik dengan kadar trombosit. Semakin tinggi kadar TPO, ini artinya kadar trombosit dalam tubuh sedang menurun.

Nah, pada pasien demam berdarah, TPO berada dalam kadar yang tinggi. Penurunan kadar TPO pada pasien DBD merupakan pertanda yang baik bagi kesembuhan pasien.

Pada penelitian ini juga disebutkan bahwa angkak berpotensi meningkatkan jumlah trombosit pada pasien DBD.

Hal ini mungkin terjadi karena angkak dapat meningkatkan pembentukan trombosit di sumsum tulang belakang.

Ditambah lagi, angkak mempunyai efek antiperadangan dari metabolit, monakolin K, ankaflavin, dan monascin, sehingga baik dijadikan sebagai obat untuk pasien demam berdarah.

Kombinasi angkak dan jambu biji untuk obat demam berdarah

Dari kedua penelitian tersebut, dapat disimpulkan angkak dapat membantu penyembuhan pasien DBD dengan cara membantu peningkatan kadar trombosit di dalam tubuh.

Kombinasi pemberian obat tradisional angkak dan jambu biji untuk pasien demam berdarah juga dapat membantu proses penyembuhan penyakit ini.

Penelitian yang diterbitkan oleh IOSR Journal of Pharmacy tahun 2015 telah membuktikan bahwa tikus putih yang diberikan angkak dan jus jambu biji memiliki peningkatan trombosit paling tinggi.

Kombinasi angkak dan ekstrak daun jambu biji juga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah dan nilai hematokrit darah.

Namun, sebelum menggunakan angkak untuk mengobati demam berdarah, selalu konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.

Jangan lupa lindungi diri dan keluarga dengan asuransi kesehatan agar semua masalah kesehatan termasuk DBD bisa segera ditangani tim medis tanpa perlu ditunda-tunda karena keterbatasan finansial.

Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 16/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri
sumber : https://hellosehat.com/infeksi/demam-berdarah/benarkah-angkak-untuk-menyembuhkan-dbd/, akses tgl 23/11/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget