Panci dan Wadah Plastik Juga Bisa Sebabkan Keracunan

 Bukan hanya desainnya, alat masak kini makin beragam bahannya. Dari plastik hingga tembaga bisa sebabkan keracunan.


Di Amerika FDA (Food and Drug Administration) mengeluarkan aturan ketat soal pemakaian bahan sebagai wadah atau alat memasak. Zat kimia bisa dihasilkan karena proses pemanasan pada alat masak.

Daftar alat masak dengan berbagai bahan yang dilansir thedailymeal.com (24/08) bisa jadi acuan dalam memilihh peralatan masak.

1. Peralatan masak aluminium

Walaupun kandungan aluminium tersaring di dalam ginjal, tetapi masih jadi ancaman. Bahkan bisa menjadi racun menurut Toxic Substances and Disease Registry, agen dari Amerika Serikat. Agar tak alami keracunan aluminium, belilah wajan aluminium yang sudah teranodisasi.

2. Panci tembaga

Panci tembaga banyak digunakan karena menyebarkan panas secara merata dan lama menyimpan panas. Tetapi, makanan yang punya kandungan asam bisa mengikis lapisan pada panci sehingga larut pada masakan. Tembaga merupakan mineral penting tetapi jika terlalu banyak bisa membahayakan kesehatan.

3. Alat masak plastik

Sendok dan spatula plastik sering digunakan untuk memasak. Jika terkena panas dalam waktu lama, plastik bisa melepaskan racun dalam masakan. Sebaiknya gunakan spatula kayu yang tahan panas dan lebih aman.

4. Talenan plastik

Talenan dari plastik memang lebih mudah dibersihkan daripada yang terbuat dari kayu. Bahan plastik mudah tergores sehingga mudah dimasuki kuman. Jika memakai talenan plastik, cuci bersih dengan larutan klorin dan air panas lalu keringkan. Jika sudah tergores di beebrapa bagian sgeera ganti yang baru.

5. Plastik yang mengandung BPA

BPA (bisphenol A) merupakan bahan kimia industri yang sering dipakai pabrik plastik untuk membuat beragam wadah. Bahan ini bisa memicu keracunan jika dipakai untuk wadah makanan.

Pada tahun 2003, ditemukan fakta yang diperoleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), yakni 93% dari 2,517 sampel urin yang diambil dari anak berusia enam tahun atau lebih, positif mempunyai kandung BPA. BPA punya pengaruh buruk untuk janin dan bayi, sebaiknya beli botol minum atau tempat makan plastiklainnya yang berlabel bebas BPA.

6. Stainless steel

Panci dan peralatan masak dan stainless steel disukai karena awet dan bisa menyalurkan panas lebih cepat. Tetapi jika tergores akn mengeluarkan mineral seperti besi, kromium dan nikel bisa membuat makanan jadi beracun. Mineral ini memang tidak berbahaya jika dalam jumlah kecil, namun jika terus terakumulasi akan berbahaya bagi kesehatan.

7. Lapisan antilengket

Hampir semua alat masak kini dilapisan bahan antilengkat.Salah satu yang ternama adlaah teflon. Telfon dalam suhu tinggi akan melepaskan gas yang bisa memicu efek seperti flu yang biasa disebut 'flu telfon'. Demikian juga jika lapisannya tergores akan mengeluarkan zat kimia berbahaya bagi kesehatan. (odi/odi)


Aisyah Kamalia
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-3287368/panci-dan-wadah-plastik-juga-bisa-sebabkan-keracunan, akses tgl 06/12/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget