Ternyata Masak Sayur dan Makanan dengan Panci Aluminium Terbukti Aman

 Beredarnya kabar yang menyebutkan bahwa panci aluminium mengandung racun, membuat resah banyak orang. Tapi ternyata kabar itu tidak benar sama sekali.


Di akhir tahun 2017 lalu tersebar kabar tentang bahaya penggunaan panci aluminium. Dalam ulasan kabar tersebut, panci aluminium diklaim dapat merusak organ tubuh, menyebabkan kanker, bahkan hingga membuat tulang kering.

Tentunya kabar ini membuat resah banyak orang, apalagi di Indonesia banyak orang yang menggunakan panci berbahan aluminum untuk memasak hingga menghangatkan makanan.

"Sayangnya meski kabarnya hoax, tapi banyak orang yang percaya kalau panci aluminium itu beracun dan berbahaya untuk kesehatan. Padahal sampai sekarang belum pernah terbukti," ungkap Irvan Kartawiria, pembawa acara dan narasumber Cekidot kepada detikFood (15/09).

Irvan bersama Harry Nazarudin dari Kimiasutra, yang membahas semua tentang kimia dan makanan dalam bahasa mudah dimengerti.

Mereka menggelar sesi diskusi seru lewat #KimiasutraPanci, yang mengupas tuntas tentang panci. Acara ini merupakan hasil kerja sama dengan Jalansutra dan Pantry Magic Kemang.

Dua ahli kimia ini menjelaskannya dengan bahasa yang mudah, dan dimengerti banyak orang. Acara diskusi ini juga dilengkapi uji coba langsung, memasak sayuran menggunakan panci aluminium.

"Kita di sini sengaja menggunakan sayuran sawi hijau. Karena banyak kabar yang beredar kalau masak sayuran di panci aluminum itu warnanya jadi berubah, terus berbahaya, makanya kita buktikan bareng-bareng," tutur Harry, yang ahli menjelaskan proses kimia dalam makanan.

Untuk perbandingannya Irvan dan Harry menggunakan panci aluminum, dengan panci berbahan stainles steel yang dianggap lebih aman. Setelah sayuran sawi direbus dalam air yang mendidih, memang terlihat perbedaan warna dari dua panci tersebut.

Hasilnya sayuran sawi ini tidak berubah warna, yang berbeda terletak pada tingkat warna keruh dari air rebusannya.


"Di sini terlihat bahwa air rebusan dari panci aluminium lebih keruh, dibandingkan air rebusan dari panci stainless steel. Ini sama sekali tidak beracun atau berbahaya, karena dalam sayuran banyak kandungan nutrisi, salah satunya polisakarida. Polisakarida ini akan pecah jika bertemu dengan suhu panas, sehingga membuat air rebusan sayur menjadi keruh," tutur Irvan yang juga seorang komika stand up comedy Indonesia.

"Dari sini kita bisa lihat bahwa tidak ada perbedaan antara memasak menggunakan panci aluminium, atau panci bahan lain."


Lebih lanjut Irvan juga menjelaskan bahwa panci aluminium aman untuk digunakan, karena panci ini memiliki lapisan alami dari aluminium yang teroksidasi. Lapisan ini kemudian berubah sebagai aluminum oxide (AI203), sehingga kandungan kimia yang ada di panci tidak bereaksi ketika terkena makanan.

"Kesimpulannya panci aluminium tidak beracun dan aman digunakan untuk masak sayur. Satu-satunya yang mungkin hilang adalah kandungan nutrisinya, terutama jika kita memasaknya dalam suhu tinggi dan lama," pungkas Harry, selaku penulis buku Kimia Kuliner.

Sonia Basoni
sumber : https://food.detik.com/berita-boga/d-4214016/ternyata-masak-sayur-dan-makanan-dengan-panci-aluminium-terbukti-aman, akses tgl 06/12/2021.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget