Sosok Nabi Muhammad SAW patut dijadikan teladan bagi umat Muslim. Dalam hal makanan, beliau mengonsumsi 10 makanan enak dan sehat ini.


Untuk umat Muslim, segala hal baik yang dilakukan Nabi Muhammad SAW hendaknya ditiru dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya soal ibadahnya kepada Allah SWT dan perbuatan baiknya pada sesama manusia, melainkan juga pemilihan makanan sehari-hari yang baik untuk kesehatan.

Nabi Muhammad SAW menyukai beragam makanan enak dan sehat. Hal ini tercermin dari cerita-cerita sahabatnya. Lantas apa saja makanan yang disukai dan sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW? Dan seperti apa manfaat sehatnya?

Berikut detikfood merangkum 10 makanan favorit Nabi Muhammad SAW, seperti dikutip dari Iqraa (19/10/21):

1. Susu

Sahabat Nabi Muhammad sekaligus saudara sepupunya, Abdullah bin Abbas (Ibn Abbas) mengungkap kalau Nabi Muhammad SAW paling suka susu di antara minuman lainnya. Susu bisa didapat dari unta, kambing, hingga sapi. Profil nutrisinya juga lengkap dan memiliki beragam manfaat sehat.

Minum susu bisa menambah stamina, menghilangkan kekeringan dari tubuh, hingga melancarkan pencernaan. Sebelum menikmati susu, Nabi Muhammad SAW akan mengucap 'bismillah'. Lalu setelahnya, ia akan meminum air putih untuk membilas mulut. "Susu memiliki lemak," kata Nabi Muhammad SAW seperti diceritakan Ibn Abbas.

2. Madu

Madu adalah bahan makanan istimewa dalam Islam. Dalam surah An-Nahl ayat 68-69 diceritakan soal madu. Madu bukan hanya memberi rasa manis, melainkan juga bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk beragam penyakit.

Untuk mengatasi diare, misalnya, disarankan minum campuran madu dengan air hangat. Ibn Maja menyebut Nabi Muhammad pernah berkata, "Kamu punya dua 'obat' yaitu madu dan Alquran."

3. Minyak zaitun

Makanan favorit Nabi Muhammad SAW ini terkenal sebagai bahan makanan sehat sampai saat ini. Adalah minyak zaitun yang rutin dikonsumsi para pelaku hidup sehat. Manfaat minyak zaitun beragam yaitu untuk melambatkan penuaan, mengatasi inflamasi di perut, hingga memperbaiki masalah kulit dan rambut.

Diriwayatkan Imām al-Termezī/Tirmidhī, Nabi Muhammad SAW pernah berujar soal minyak zaitun. "Kamu punya minyak zaitun. Konsumsi minyak ini dan aplikasikan ke seluruh tubuh. Karena sesungguhnya minyak zaitun berasal dari pohon yang diberkahi," kata Nabi Muhammad SAW.

4. Anggur

Nabi Muhammad SAW ternyata penggemar anggur. Ia juga menyukai kismis yang merupakan produk anggur yang dikeringkan. Diceritakan Ibn Abbas dan Suyuti, Nabi Muhammad SAW pernah berujar, "Makanlah kismis, namun keluarkan bijinya karena ada penyakit, tetapi di dalam daging buahnya ada kesembuhan."

Anggur memang terkenal memiliki banyak manfaat sehat. Konsumsi anggur disebut bisa 'membersihkan' darah, menguatkan ginjal, hingga membersihkan usus dan saluran pencernaan.

5. Kurma

Makanan favorit Nabi Muhammad SAW tentu saja termasuk kurma. Diriwayatkan Bukhari, beliau mengatakan siapapun yang makan 7 butir kurma ajwa di pagi hari akan terhindar dari sihir atau racun di hari tersebut.

Nabi Muhammad SAW juga berujar wanita sebaiknya makan kurma. Keuntungannya, wanita bakal lebih mudah hamil.

6. Buah ara

Figs atau buah tin atau buah ara disebut buah dari surga dan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Diriwayatkan oleh Abu Darda dan Suyuti, Nabi Muhammad SAW pernah menyebutkan keistimewaan buah ara.

"Jika kamu mengatakan bahwa ada buah yang berasal dari surga, maka kamu benar-benar harus menyebutkan buah ara, karena buah itu sungguh dari surga," ujarnya. Konsumsi buah ara berkhasiat melancarkan saluran pencernaan mencegah kanker, hingga menjaga kesehatan jantung.

7. Barley

Barley adalah jenis bijian sehat yang kaya serat. Barley bisa diolah sebagai roti hingga kue kering. Cara konsumsi lainnya adalah menjadikan barley sebagai pengganti nasi hingga dibuat jadi teh. Manfaat sehat konsumsi barley antara lain melancarkan saluran pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah diabetes.

Diriwayatkan Tirmidhi, para sahabat Nabi Muhammad SAW biasanya melahap makanan berbahan barley dan bit setiap hari Jumat, seusai salat Jumat.

8. Delima

Makanan favorit Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah delima. Mengonsumsi buah ini bahkan disebut bisa menghilangkan efek setan dan bisikannya selama 40 hari.

Sayiduna Ali berkata, "Makan buah delima dengan selaput putihnya bagus untuk mengobati perut." Juga diriwayatkan bahwa Sayiduna 'Abdullah ibn 'Abbas akan mengambil satu biji dari buah delima dan memakannya. Ketika ditanya tentang hal itu, dia berkata, "Telah sampai padaku bahwa tidak ada satu pun buah delima yang diserbuki di bumi kecuali mengandung benih dari surga, jadi mungkin saja yang ini." (Syu'ab al-Iman Bayhaqi).

9. Air putih

Nabi Muhammad SAW mengatakan minuman terbaik di dunia ini adalah air putih. Saat haus, usahakan minum air putih dengan cara menyesapnya bukan langsung meneguk dalam jumlah banyak karena tidak bagus untuk kesehatan liver.

10. Semangka

Satu lagi makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Beliau menyukai semangka. Nabi Muhammad SAW mengatakan, "Tak seorang pun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik wajahnya dan memiliki karakter yang baik."

Andi Annisa Dwi Rahmawati
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5773530/10-makanan-favorit-nabi-muhammad-saw-dan-manfaat-sehatnya?single, akses tgl 30/12/2021.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: