Allah SWT menjanjikan surga bagi Muslim yang beramal baik. Di surga nantinya 7 makanan yang tertulis dalam Alquran ini akan disajikan.


Semasa hidup, manusia diperintahkan untuk berlomba-lomba dalam melaksanakan kebajikan. Sebagai ganjarannya, Muslim akan mendapat pahala. Dimana pahala-pahala tersebut akan membantu manusia kelak di akhirat nanti.

Orang yang beramal baik akan dijanjikan surga sedangkan mereka yang semasa hidupnya berbuat dosa akan diganjar neraka. Kehidupan di surga digambarkan sebagai kehidupan yang tenang, damai dan niscaya semua yang diinginkan penduduk surga akan tersedia.

Di dalam Alquran hal tersebut juga telah dijelaskan, termasuk berbagai makanan yang akan disajikan di surga bagi orang-orang yang beriman. Setidaknya ada tujuh jenis makanan dan minuman yang dituliskan dalam ayat di Alquran akan disajikan bagi mereka yang tinggal di surga kelak.

Berikut ini 7 makanan dan minuman yang tertulis dalam Alquran dan akan disajikan di surga:

1. Buah-buahan

Di surga nanti, dikatakan akan banyak buah-buahan yang disajikan tanpa batas untuk para penghuni surga. Beberapa buah secara spesifik disebutkan dalam Alquran. Buah kurma hingga delima yang mendapat julukan buah surga akan disajikan bagi para penghuni surga.

"Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima," (Alquran Surat Ar-Rahman ayat 68).

2. Daging-dagingan

"Dan orang-orang yang beriman dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan. Kami hubungkan anak cucu mereka dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini," (Alquran Surat At-Thur ayat 21-22).

Dalam surat tersebut dikatakan dengan jelas bahwa daging-daging dan buah-buahan menjadi suguhan nikmat bagi manusia yang semasa hidupnya banyak berbuat kebaikan. Bahkan jika secara turun temurun suatu keluarga berbuat banyak kebaikan semasa hidupnya, niscaya mereka dapat menikmatinya bersama-sama.

3. Khamr

Secara arti, khamr bisa dikatkan sebagai minuman beralkohol yang memabukkan. Konsumsi khamr di dunia begitu diharamkan bagi umat Muslim dan wajib dijauhi. Tetapi berbeda dengan di dunia, konon di surga umat Muslim akan disajikan khamr. Namun khmar tersebut tidak mengandung alkohol mapun memabukkan.

"Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamr dari sungai mengalir, (warnanya) putih bersih, sedap rasanya bagi orang-orang yang minum. Tidak ada dalam khamr itu alkohol dan mereka tiada mabuk karenanya," Alquran Surat Ash Shafaat ayat 45-47).

4. Air Kaafur

Airkaafur adalah minuman khusus bagi penghuni surga yang berasal dari mata air terbaik yang ada di surga. Air ini akan menjadi pelepas dahaga bagi para penghuni surga yang boleh diminum sebanyak-banyaknya.

"Sungguh, orang-orang yang berbuat kebaijikan akan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur, (yaitu) mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah dan mereka dapat memancarkannya dengan sebaik-baiknya," (Alquran Surat Al-Insan ayat 5-6).

5. Air Jahe

Di Indonesia air jahe bukan lagi minuman yang asing. Air jahe bahkan dipercaya berkhasiat untuk meredakan berbagai gangguan kesehatan. Ternyata air jahe juga disajikan di surga namun tempat minumnya akan berasal dari sumber mata air salsabil.

"Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe, (yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil," (Alquran Surat Al-Insan ayat 17-18).

6. Air Susu

Dalam Alquran juga dikatakan bahwa akan ada sungai-sungai yang terbuat dari air susu. Walaupun berbentuk sungai konon rasa asli susu tidak akan berubah dan hilang rasanya. Sungai berisi air susu ini sengaja disiapkan untuk para penghuni surga yang bisa dinikmati kapanpun.

"(Apakah) perumpaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya," (Alquran Surat Muhammad ayat 15).

7. Madu

Makanan manis yang dihasilkan dari lebah ini ternyata juga menjadi salah satu hidangan yang akan disajikan dengan melimpah di surga. Rasa manis madu yang lezat dan legit juga dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan.

Di surga, madu bukan lagi disajikan dalam wadah, seperti yang dikatakan dalam Alquran Surat Muhammad ayat 15. Akan ada sebuah sungai yang terbuat dari madu-madu yang disaring. Sungai dari madu ini merupakan cabang-cabang sungai yang dialiri air susu, khmar serta buah-buahan yang ada di dalamnya.

Diah Afrilian
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5827185/7-makanan-dan-minuman-ini-tertulis-dalam-alquran-dan-akan-ada-di-surga?single, akses tgl 01/01/2022.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: