Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menerbitkan panduan isolasi COVID-19 pada 4 Januari 2022 lalu, dengan ketentuan isolasi atau karantina dilakukan selama 5 hari yang awalnya 10 hari mengingat gejala ringan varian Omicron.


Apa saja makanan dan minuman untuk penderita Omicron yang bisa mempecepat pemulihan pada masa isolasi atau karantina COVID-19 itu? 

Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health dan penulis Immunity Strong, Robert G. Lahita MD, Ph.D. atau Dr. Bob melansir Eat This, pada Selasa (11/1/2022) merekomendasikan makanan dan minuman yang lembut serta mudah ditelan.

Makanan dan minuman untuk penderita Omicron itu direkomendasikan, karena gejala Omicron membuat penderita cederung merasakan sakit tenggorokan parah dan kehilangan nafsu makan.

"Infeksi Omicron membuat tenggorokan sangat sakit, seolah-olah penderita mengalami radang tenggorokan. Bahkan untuk menelan cairan pun sakit," kata Dr. Bob.

Berikut Liputan6.com ulas rekomendasi makanan dan minuman untuk penderita Omicron yang bisa mempercepat pemulihan, Selasa (11/1/2022).

1. Mengonsumsi Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt bisa dijadikan pilihan membantu pemulihan saat terinfeksi varian Omicron. Makanan untuk penderita Omicron ini direkomendasikan karena lembut, dingin, terasa enak di tenggorokan, dan kaya protein sehingga membuat perut kenyang.

"Saya telah menyarankan bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah makan yogurt dan menaruh beberapa granola pada yoghurt," kata Dr. Bob.

Apabila ingin mengonsumsi makanan untuk penderita Omicron seperti yoghurt dengan potongan pisang, perhatikan pemotongannya. Dr. Bob menyarankan pisang untuk campuran yoghurt dipotong kecil-kecil karena penderita infeksi Omicron sulit menelan.

2. Es Krim

Es krim adalah makanan untuk penderita Omicron yang terdengar tidak biasa. Dr. Bob memberikan rekomendasi agar es krim bisa menjadi pengisi perut penderita Omicron. Es krim termasuk makanan yang mudah dicerna, apalagi saat sedang mengalami sakit tenggorokan parah.

Makanan untuk penderita Omicron seperti es krim juga memberikan asupan glukosa dan protein yang bisa menjaga berat badan penderita Omicron. Akan tetapi, pemilik masalah diabetes harus memilih opsi makanan pemulihan yang lain.

“Banyak orang yang mendapatkan Omicron atau Delta kadang-kadang kehilangan 20 hingga 30 pon, dan itu masalah besar," kata Dr. Bob.

Makanan untuk penderita Omicron seperti es krim dapat membantu mengenyangkan perut sekaligus menjaga berat badan. Mengingat penurunan berat badan yang parah merupakan efek samping tertular virus karena mayoritas penderita cenderung kurang nafsu makan.

3. Cairan Elektrolit

Minuman untuk penderita Omicron, direkomendasikan kaya elektrolit. Ini penting bagi penderita Omicron yang juga mengalami diare dan muntah.

"Cairan itu penting," kata Dr. Bob.

Apa saja minuman untuk penderita Omicron yang kaya kandungan elektorit? Medical Daily mengungkap minuman kaya elektrolit itu seperti air kelapa, smoothies, jus semangka, susu, dan pedialite (khusus anak-anak).

4. Sup

Sup merupakan makanan untuk penderita Omicron yang bisa membantu menenangkan tenggorokan. Selain membantu mencukupi nutrisi bagi penderita Omicron, secangkir sup atau kaldu bisa dijadikan pengganti elektrolit juga.

"Sup dan kaldu benar-benar pengganti elektrolit yang bagus," kata Dr. Bob.

Jika penderita Omicron benar-benar memiliki nafsu makan buruk, sup yang mengandung semacam protein dan sayuran di dalamnya dapat membantu memberi tubuh beberapa nutrisi yang dibutuhkan saat sedang melawan infeksi.

5. Milkshake

Minuman apalagi yang bisa membantu pemulihan penderita Omicron? Dr. Bob merekomendasikan milkshake sebagai minuman untuk penderita Omicron. Apalagi milkshake mudah ditelan dan lebih ringan di perut dibanding smoothies.

"Saya telah berbicara dengan begitu banyak pasien yang menderita Omicron dan mereka semua mengatakan hal yang sama ‘oh, kami membutuhkan makanan ringan,’” kata Dr. Bob.

Bagaimana takaran konsumsi yang pas? Dr. Bob merekomendasikan campurkan bubuk protein favorit dengan es dan susu (atau alternatif susu) untuk meningkatkan protein dan setidaknya memberi beberapa zat yang bisa mempercepat pemulihan.

6. Sayuran

Kecenderungan penderita infeksi varian Omicron kehilangan selera makanan cukup mengkhawatirkan. Makanan yang mudah disimpan dan bergizi adalah semua jenis sayuran silangan. Ini makanan untuk penderita Omicron yang direkomendasikan membantu pemulihan.

"Sayuran benar-benar enak, sayuran seperti brokoli dan kubis, kubis Brussel, dan sayuran yang dimasak dengan saus lobak atau mustard benar-benar enak. Semua hal ini menjaga nutrisi yang diperlukan,” kata Dr. Bob.

7. Pasta

Mengonsumsi pasta dengan saus bolognese bisa dijadikan pilihan makanan untuk penderita Omicron ketika virus perlahan mulai hilang. Pada masa pemulihan di tahap itu, biasanya nafsu makanan akan meningkat. Apalagi untuk mengonsumsi makanan kaya glukosa.

Dr. Bob merekomendasikan untuk memenuhi hasrat makan seperti itu pada penderita Omicron, pasta bisa dijadikan solusinya. Ini sudah lengkap glukosa dan protein. "Anda bisa makan sepiring pasta yang enak, untuk menaikkan gula darah Anda dengan perlahan, tetapi tidak berlebihan," kata Dr. Bob.

8. Hindari Makanan dan Minuman Kaya Vitamin C

Makanan dan minuman untuk penderita Omicron yang direkomendasikan adalah bukan yang kaya vitamin C. Misalnya seperti makanan dan minuman kaya jeruk yang tampak bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh alami.

Pada kasus infeksi varian Omicron, Dr. Bob mengatakan makanan yang terdiri dari jeruk dan sedikit asam, akan sangat-sangat sulit untuk ditelan. Apalagi penderita Omicron memiliki kecenderungan gejala sakit tenggorokan yang parah.

“Akan sulit untuk menelan beberapa makanan ini, jadi itu sebabnya saya menyarankan untuk memulai perlahan dengan mengonsumsi makanan lunak seperti yogurt dan probiotik lainnya," kata Dr. Bob.

Laudia Tysara
sumber : https://hot.liputan6.com/read/4856764/8-makanan-dan-minuman-untuk-penderita-omicron-yang-mempercepat-pemulihan, akses tgl 26/01/2022.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: