Sempat heboh pesan berantai yang berisi anjuran Nabi Muhammad SAW tentang larangan makan makanan daging hewan darat dan laut bersamaan. Ini faktanya!


Sebagai tauladan yang baik bagi umat manusia, Nabi Muhammad SAW adalah patokan yang paling untuk menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk juga soal memilih makanan.

Nabi Muhammad SAW memiliki alasan mengapa beliau mengonsumsi atau bahkan menghindari makanan tertentu. Hal tersebut berkaitan dengan manfaat dan mudharatnya.

karenanya sering kali beredar pesan berantai mengenai anjuran Rasulullah SAW tentang pola makan. Seperti pada pesan yang berbunyi larangan untuk makan daging hewan darat dan laut secara bersamaan.

"Dalam kitab juga melarang kita makan makanan darat bercampur dengan makanan laut. Nabi pernah mencegah kita makan ikan bersama susu karena akan cepat mendapat penyakit," bunyi pesan berantai.

"Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam mengandung ion+ sedangkan dalam ikan mengandung ion-, jika dalam makanan kita ayam bercampur dengan ikan maka akan terjadi reaksi biokimia yang akan dapat merusak usus kita," lanjutan pesan tersebut.

Para ulama serentak mengatakan bahwa itu pesan hoax. Syaikh Muhammad Shalil Al-Munajid menegaskan bahwa tidak ada satu pun hadits bahkan hadits dhaif sekali pun, lapor Muslim.or.id.

"Tidak benar bahwa ada larangan makan hewan darat dan hewan laut atau mengatakan hukumnya haram atau makruh. Karena tidak ada nash yang melarang," ujarnya.

Lebih lanjut, Syaikh Muhammad Shalil Al-Munajid juga menyebutkan bahwa jika tidak ada riwayat hadits yang menyebutkan demikian, maka masalah ini dikembalikan kepada ahli kesehatan.

Menurut Syaikh Muhammad Shalil Al-Munajid, isi pesan yang menyebut bahwa daging ayam mengandung ion+ sedangkan dalam ikan mengandung ion- tidak benar secara ilmiah.

"Tentu ini tidak benar secara ilmu pengetahuan dan tidak ilmiah, karena semua zat terdiri dari ion+ dan ion," ujarnya.

Riska Fitria
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5874650/apa-benar-nabi-muhammad-saw-melarang-makan-daging-hewan-darat-dan-laut-bersamaan, akses tgl 30/12/2021.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: