Saat Imlek ada makanan berlimpah di rumah masyarakat China. Termasuk aneka camilan manis seperti manisan yang dipercaya membawa keberuntungan.


Di samping makanan berat seperti mie goreng dan sajian ikan bandeng, masyarakat China juga menghadirkan camilan khas Imlek. Camilan ini biasa jadi suguhan bagi tamu atau sanak keluarga yang berkunjung.

Bukan hanya sekedar teman ngobrol, aneka camilan khas imlek ini juga memiliki makna mendalam. Sebut saja misalnya kuaci yang memiliki makna kesuburan, atau aneka manisan dan permen yang punya simbol keberkahan dan keberuntungan.

Berikut beberapa camilan khas Imlek yang punya makna membawa keberuntungan.

1. Manisan segi 8


Kudapan manis ini disebut manisan segi 8 karena biasanya dalam satu paket wadah terdiri dari 8 jenis manisan sekaligus. Angka 8 pada mitologi Tionghoa juga memiliki makna keberuntungan yang terus mengalir dan berputar.

Manisan segi 8 kerap disebut juga sebagai 'tray of happiness' yang artinya kebahagiaan. Di dalam kotak wadah ini terdapat 8 jenis manisan yang memiliki arti berbeda-beda. Misalnya manisan leci melambangkan kekuatan, manisan melon yang melambangkan kesehatan.

Ada juga isi permen dan cokelat yang sama-sama membawa arti keberuntungan. Dengan menyantap manisan ini diharapkan hidup akan penuh keberuntungan.

2. Kuaci

Saat Imlek kebanyakan warga Tionghoa memilih kuaci sebagai salah satu cemilan. Kuaci biji bunga matahari atau biji labu memiliki makna kesuburan.

Bagi pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan, dengan makan kuaci ini diharapkan segera mendapat momongan. Jadi kalau berkunjung ke rumah kerabat yang orang China, jangan lewatkan camilan satu ini. Terutama buat mereka yang sedang menanti buah hati.

3. Jiao zi

Jiao zi termasuk salah satu jenis dimsum yang kerap disajikan saat Imlek. Jiao Zi merupakan hidangan khas China yang bentuknya mirip mata uang China pada zaman dahulu. Kudapan gurih ini biasa diisi dengan daging cincang dan sayuran.

Diolah dengan cara dikukus lalu dimakan bersama saus khas. Jiao zi memiliki makna kemakmuran. Jadi bagi siapapun yang mengonsumsi kudapan ini diharapkan bisa lebih kaya dan makmur di tahun yang baru ini.

4. Kacang

Kacang memiliki simbol panjang umur, kekayaan sekaligus kehormatan. Menyajikan dan menyantap kacang saat Imlek sama halnya seperti berdoa pada segala hal baik yang diharapkan terjadi di tahun baru. Jenis kacang yang dihadirkan beragam, termasuk kacang tanah.

Kacang bisa diolah dengan cara dipanggang atau direbus. Selain sebagai makanan pembawa hoki, kacang juga mengandung nutrisi kompleks yang baik untuk kesehatan.

5. Jujube


Jujube atau dikenal sebagai kurma Tiongkok ini sekilas memang mirip kurma asli Arab. Tapi jika dilihat lebih detail, jujube memiliki warna agak merah dengan tekstur lebih lunak. Jujube dihadirkan sebagai kudapan yang melambangkan kemakmuran.

Dalam bahasa China, jujube memiliki aksen pengucapan yang sama dengan kata 'awal', hal ini menjadi gambaran harapan untuk awal yang baik. Jujube umumnya disajikan dalam bentuk manisan yang bisa dimakan langsung atau diiris untuk jadi campuran teh China.

Devi Setya
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5369867/kuaci-dan-manisan-jadi-camilan-imlek-pembawa-keberuntungan?single, akses tgl 30/01/2022.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: