Tak hanya makanan, ada juga minuman khas Imlek yang kerap disajikan. Mulai dari jus plum, minuman jeruk, hingga baiju. Minuman khas Imlek ini juga melambangkan harapan baik.


Perayaan Imlek 2021 akan berlangsung beda dari tahun-tahun sebelumnya karena dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Walaupun begitu, setiap keluarga yang merayakan pasti memiliki cara sendiri.

Salah satunya membuat acara makan malam. Tentu saja mereka harus menyiapkan makanan dan minuman khas Imlek yang memiliki lambang kebaikan.

Untuk minuman khas Imlek, ada beberapa jenis minuman yang biasa dikonsumsi. Seperti jus plum, minuman jeruk, hingga baiju.

Berikut 5 minuman khas Imlek yang bisa disajikan, berikut maknanya:

1. Jus Plum

Plum adalah salah satu buah khas Imlek. Buah ini melambangkan keberuntungan, kekayaan, nasib baik, hingga kesuburan. Biasanya buah plum digunakan sebagai persembahan.

Tak hanya itu, buah plum juga biasa dijadikan masakan dan hadiah. Buah plum juga bisa dijadikan minuman khas Imlek. Dijadikan sebagai jus yang menyegarkan.

Selain menyegarkan, buah plum berwarna ungu ini banyak mengandung zat antioksidan dan vitamin C. Jus plum ini baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan cocok untuk program diet.

2. Minuman Jeruk

Sama halnya dengan plum, jeruk juga jadi salah satu buah khas Imlek. Jeruk juga buah yang melambangkan keberuntungan karena berwarna oranye terang. Warna tersebut dianggap mirip emas.

Jelang Imlek 2021 tiba, buah ini banyak tersebar di pasaran. Apalagi jenis jeruk ponkam yang rasanya manis agak asam. Buah ini biasanya disuguhkan di meja makan.

Selain dimakan begitu saja, buah jeruk juga bisa dijadikan minuman yang menyegarkan. Seperti es jeruk, jus jeruk, hingga cocktail.

3. Teh Krisan

Dalam perayaan Imlek ada tradisi minum teh. Biasanya teh yang digunakan adalah oolong. Tapi, bisa juga menggunakan jenis teh lain yaitu teh krisan

Teh krisan merupakan teh yang terbuat dari bunga krisan. Tak heran kalau teh krisan ini beraroma wangi yang ketika dihirup bisa memberikan efek aroma terapi, yaitu rileks.

Teh krisan ini juga umum dijadikan sebagai pengobatan tradisional orang China. Bahkan sudah sejak berabad-abad lalu, tepatnya saat dinasti Song Tiongkok.

4. Baiju

Baiju juga minuman khas Imlek yang populer. Baiju juga dikenal dengan sebutan arak putih. Minuman ini termasuk ke dalam minuman keras dengan aroma yang menyengat.

Baiju terbaut dari sulingan sorgum, gandum, atau beras. Biasanya orang China mengonsumsi minuman ini untuk menghangatkan tubuh. Cocok sekali untuk Imlek yang biasanya memiliki cuaca dingin karena sering turun hujan.

5. Mai Dong

Satu lagi minuman khas Imlek yaitu mai dong. Mai dong dikenal sebagai minuman berenergi yang kemasannya berwarna biru. Minuman berenergi ini terbuat dari rempah-rempah khas China dengan campuran rasa buah.

Biasanya orang China mengonsumsi mai dong untuk membuat tubuhnya menjadi lebih segar. Banyak orang China yang mempercayai kalau minuman mai dong ini bisa menyehatkan tubuh.


Yenny Mustika Sari
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5371341/5-minuman-khas-imlek-yang-populer-ada-teh-krisan-hingga-baiju?single, akses tgl 27/01/2022.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: