Tekanan darah tinggi dapat disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi makanan asin dan berlemak. Namun, hipertensi juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat.


Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah sistolik melebihi 140 mmHg, sementara tekanan diastolik melebihi 90 mmHg.

Hipertensi dapat disebabkan karena beberapa faktor. Mulai dari keturunan, gaya hidup yang tak sehat merokok minum minuman alkohol hingga kebiasaan makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak makan asin atau berlemak.

Tekanan darah tinggi dapat dikendalikan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium dan magnesium dalam jumlah yang tinggi. Asupan tersebut terkandung di beberapa makanan sehat ini.

Dilansir dari Medical News Today berikut 7 makanan ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami:

1. Buah Berry

Buah beri termasuk blueberry, raspberry dan strawberry mengandung senyawa antioksidan sejenis flavonoid yang disebut anthocyanin. Menurut penelitian buah beri mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan 34.000 orang yang menderita hipertensi. Mereka menemukan bahwa seseorang yang memiliki asupan Antosianin tertinggi memiliki penurunan risiko tekanan darah tinggi sebesar 8%.

2. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan potasium dan mineral dalam jumlah yang banyak. Dua mineral ini berperan penting dalam mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung potasium sekitar 422 mg. Menurut Heart Association, potasium dapat mengurangi efek natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah.

3. Bit

Penelitian dilakukan pada tahun 2015 juga melaporkan bahwa mengonsumsi buah bit dapat menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Peneliti menyarankan untuk mengonsumsi satu cangkir buah bit setiap hari selama empat minggu. Untuk dapat menurunkan tekanan darah sekitar 8/4 mmHg. Buah bit bisa dibuat jus atau campuran salad.

4. Kiwi

Sebuah penelitian membandingkan efek makan apel dan buah kiwi pada orang dengan tekanan darah tinggi. Peneliti menemukan bahwa makan 3 kali sehari selama 8 minggu menghasilkan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Menurut peneliti, buah kiwi mengandung zat bioaktif yang menyebabkan pengurangan tersebut. Kiwi juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan ke pembacaan tekanan darah pada seseorang.

5. Semangka

Buah semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline. Asam amino tersebut dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Citrulline berperan membantu tubuh memproduksi oksida nitrat atau gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas di arteri. Menurut peneliti efek ini dapat membantu aliran darah yang kemudian dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik seperti asam klorogenat, p-coumaric dan caffeic Yang berperan menurunkan pembuluh darah dan mengurangi Peradangan sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Hal tersebut dibuktikan lewat penelitian Journal of Human Hypertension tahun 2014. Menurut peneliti, orang berusia 40-59 tahun yang rutin mengonsumsi wortel mentah berkaitan dengan tekanan darah yang lebih rendah.

7. Tomat

Tomat juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, karena tomat mengandung potasium dan pigmen karotenoid likopen. Kandungan itulah yang dapat menyehatkan jantung sehingga terhindar dari resiko penyakit tekanan darah tinggi.

Bahkan dalam 21 penelitian menyimpulkan dengan mengonsumsi tomat atau produk tomat lainnya dapat memperbaiki tekanan darah dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Riska Fitria
sumber : https://food.detik.com/info-sehat/d-5878837/7-makanan-enak-ini-bisa-turunkan-tekanan-darah-tinggi?single, akses tgl 03/02/2022.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: