Puasa merupakan ibadah yang menahan lapar, haus, dan menahan syahwat. Pada bagian menahan lapar dan haus, memang terdengar seperti sedang menjaga tubuh dari makanan. Namun, meski tampak seperti diet sehat, orang-orang terkadang tak bisa mengontrol diri saat waktu berbuka tiba.


Seringkali, saat berbuka puasa, tubuh akan dipaksa untuk memakan berbagai macam makanan. Mulai dari kolak, makanan berat seperti nasi, ayam goreng, hingga gorengan.

Cara berbuka yang berlebihan seperti itu tentu membuat tubuh sama seperti hari-hari biasanya. Bagi yang berdiet, cara ini tentu saja kurang tepat.

Meski telah menahan nafsu makan selama puasa, tetapi cara berbuka yang demikian tak akan membuat berat badanmu turun.

Berdiet saat berpuasa punya caranya sendiri. Berikut 5 tips diet sehat saat berpuasa.

1. Perhatikan menu sahur

Sahur memang tidak wajib, tetapi sahur merupakan hal yang penting dilakukan saat puasa. Melewatkan sahur, akan membuat tubuh kekurangan asupan dan berimbas pada tenaga yang lemah.

Jangan lupa, perhatikanlah menu sahur. Usahakan selalu ada asupan protein yang bisa didapatkan dari susu dan telur. Selain protein, karbohidrat kompleks juga menjadi hal yang utama.

2. Penuhi kebutuhan hidrasi

Meski berpuasa, kebutuhan tubuh akan cairan harus tetap diperhatikan. Maksimalkan air putih saat berbuka dan sahur. Usai tarawih juga usahakan untuk meneguk beberapa gelas air putih sehingga kebutuhan dua liter per hari tetap tercapai.

Selain memenuhi kebutuhan hidrasi, banyak meminum air juga akan membuat kita membatasi diri dan menghindari tergiur dari asupan makanan manis berlebihan.

3. Awali berbuka dengan makanan ringan

Biasanya, momen berbuka akan menjadi momen semacam balas dendam. Jika sedang berdiet, pilihlah menu takjil super ringan untuk membatalkan puasa, seperti kurma atau sayuran.

4. Usahakan menghindari gorengan dan lemak jenuh berlebihan

Jadikanlah bulan Ramadan sebagai bulan untuk Anda menghindari makanan yang dimasak dengan minyak seperti goreng-gorengan. Carilah makanan rendah lemak jenuh yang dapat dikonsumsi.

5. Tetap rutin berolahraga

Puasa bukan berarti Anda dapat bermalas-malasan. Pastikanlah tubuh Anda tetap bergerak dengan berolahraga ringan. Namun, hindari paparan sinar matahari berlebihan karena akan membuat tubuh dehidrasi.

Demikianlah tips berdiet saat berpuasa. Meski sedang puasa, Anda tetap dapat memenuhi kebutuhan diet rutinan saat bulan Ramadan.***

Fahri Hilmi
sumber : https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/citizen/pr-701777983/siapa-bilang-puasa-tak-bisa-diet-ini-5-tips-diet-yang-tetap-sehat-meski-puasa, akses tgl 01/04/2022.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: