Beberapa dari kita mungkin sangat menyukai rasa keju yang lembut dan lezat saat dikonsumsi. 


Keju kerap dimakan begitu saja sebagai camilan, atau dicampurkan dalam hidangan pembuka atau hidangan sampingan seperti, burger, kue kering atuau salad. 

Produk susu yang difermentasi dan berbahan dasar susu ini juga disukai semua orang dari segala usia.

Pertanyaannya adalah, apakah keju itu sehat dan apakah konsumsinya harus dibatasi? Apa efeknya bagi tubuh kita terlalu banyak mengonsumsi keju? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dilansir Medical Daily, berikut adalah manfaat dan efek samping yang mungkin muncul karena mengonsumsi keju:  

Manfaat 

  1. Keju kaya akan kalsium, magnesium, vitamin dan protein, dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan mengurangi risiko osteoporosis dan masalah kesehatan tulang lainnya. 
  2. Protein, khususnya, membantu memperkuat otot-otot dalam tubuh, sementara magnesium membantu fungsi sistem kekebalan tubuh, mempertahankan fungsi otot dan saraf, serta mempertahankan ritme jantung yang normal. 
  3. Kandungan kalsium dalam keju membantu melindungi gigi dari kerusakan dengan meningkatkan kadar fosfat di mulut. Fosfat sendiri juga membantu memperkuat tulang. 
  4. Keju memiliki asam linoleat terkonjugasi yang tidak hanya dapat melindungi dari kanker, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sekaligus meningkatkan massa tubuh tanpa lemak. 
  5. Untuk ibu menyusui, keju dapat menebus kekurangan kalsium selama menyusui. 
  6. Keju cheddar dan jenis keju lainnya kaya akan selenium, yang dapat membantu mencegah virus berkembang dan mengurangi risiko kanker tiroid. Selain itu, mineral penting ini adalah antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh, yang bisa melindungi sel dari efek radikal bebas yang merusak kulit dan kekebalan tubuh. 
  7. Salah satu jenis keju, keju Camembert, dapat membantu mengurangi tingkat sitokin inflamasi, yang berpotensi meningkatkan kesehatan otak. Keju berbahan dasar susu sapi Prancis ini lembab, lembut dan creamy, mirip dengan keju Brie. 
  8. Varian keju rendah sodium dapat menjaga kadar tekanan darahmu dan menjadikannya ideal jika kamu menderita hipertensi.

Potensi efek samping 

Keju mungkin sehat dan enak, tetapi bukan tanpa efek samping potensial. Berikut beberapa efek samping yang mungkin terjadi karena mengunsumsi keju. 

  1. Keju tidak baik untuk orang yang intoleran laktosa. Mereka yang sensitif terhadap laktosa akan kekurangan enzim yang memecah gula dalam tubuh. Hal ini menyebabkan sembelit, gas, kembung dan diare - semua masalah pencernaan. 
  2. Makan terlalu banyak keju dapat menyebabkan sakit kepala dan bahkan migrain karena kehadiran tyramine. 
  3. Kandungan natrium, kalsium, dan asam lemak jenuh yang tinggi yang ditemukan dalam keju dapat menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Hal ini terjadi jika kita mengonsumsi terlalu banyak keju. 
  4. Keju tinggi lemak alami, tetapi mengonsumsi lemak berlebih bisa meningkatkan berat badan. 
  5. Keju pada dasarnya adalah kryptonite bagi mereka yang alergi terhadap protein susu. Ini dapat menyebabkan reaksi peradangan di seluruh tubuh dan menyebabkan ruam, hidung tersumbat, dan jerawat.

Penulis : Dian Reinis Kumampung
Editor : Bestari Kumala Dewi
SUMBER : https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/09/221602020/mengenal-manfaat-keju-dan-kemungkinan-efek-sampingnya?page=all#page2, AKSES TGL 04/10/2022.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: