Baik orang dewasa atau anak-anak, jika sedang sakit tentu membutuhkan asupan bergizi melalui makanan dan minuman yang ada. 


Namun, meski sama-sama harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, kebutuhan makanan untuk orang dewasa dan anak-anak yang sedang sakit ternyata berbeda. 

"Ada beberapa perbedaan untuk makanan dewasa dan anak-anak yang sedang sakit, mulai dari porsi, jenis makanan, dan teknik pengolahannya," tutur Supervisor Ahli Gizi Mymeal Catering Nurlayla S.Gz kepada Kompas.com, Sabtu (26/6/2021).

Kebutuhan protein dan kalori

Nurlayla menuturkan bahwa untuk anak-anak umur 10 tahun ke bawah memiliki kebutuhan protein hewani dan sayur yang berbeda dengan orang dewasa. 

"Kalau seandainya kebutuhan hewani untuk dewasa itu 100 gram, anak-anak itu cukup 70 gram," kata Nurlayla. 

Salah satu contoh kebutuhan yang berbeda adalah kalori. Jika pada orang dewasa butuh 2200 kalori, anak berusia 7-9 tahun hanya butuh 1850 kalori harian. 

Nantinya, jumlah tersebut akan dibagi untuk tiga kali makan dalam satu hari. 

"Misalnya nasi untuk dewasa 180 gram, nah untuk anak-anak cukup 120 gram saja, ujar Nurlayla.

Porsi makan

Selain perbedaan porsi makan, penggunaan bahan makanan dan cita rasa untuk hidangan orang dewasa dengan anak-anak yang sedang sakit juga berbeda. 

Tidak menjadi masalah bagi orang dewasa untuk mengonsumsi makanan seperti terong dan pare. Namun, anak-anak tidak diberikan menu yang berbahan dasar tersebut. 

Sementara untuk perbedaan cita rasa, makanan untuk anak-anak yang sedang sakit biasanya tidak diberikan bumbu pedas atau bumbu tajam lainnya. 

Berbeda dengan orang dewasa yang dapat mengonsumsi cita rasa apa saja. 

Semua menu makanan tersebut harus disesuaikan kembali dengan jenis penyakit dan pantangannya tetapi untuk total kalori harian bisa disesuaikan dengan usia.

Penulis : Krisda Tiofani
Editor : Yuharrani Aisyah
sumber : https://www.kompas.com/food/read/2021/06/29/193100475/beda-asupan-gizi-untuk-orang-dewasa-dan-anak-anak-yang-sakit?page=all#page2, akses tgl 14/10/2022.

Axact

PERSAGI Bandung

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: